Tips dan Cara Memijat Bayi yang Benar

No comment 1703 views
build_links(); ?>

Cara Memijat Bayi yang Benar Memijat atau mengurut bagian tubuh memiliki manfaat yang banyak. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi sekalipun sangat menyukai dipijat. Pijatan pada bayi dapat memberikan perasaan nyaman, santai dan dapat mereleks-kan otot-otot yang tegang. Hal tersebut mungkin saja terjadi lantaran bayi lebih banyak berbaring sehingga otot-ototnya kurang berfungsi dengan baik. Namun berbeda pada orang dewasa, memijat bayi butuh perlakuan yang lebih lembut, sebab kondisi bayi yang memang sangat rapuh, sehingga pijatan tidak dapat dilakukan secara sembarang. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mencoba memijat bayi sendiri, ada baiknya Anda mengetahui cara memijat bayi yang benar, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Gunakan Minyak Khusus Bayi (Baby Oil)

Kulit bayi biasanya sangat sensitif, maka dari itu Anda tidak dapat menggunakan sembarang minyak untuk memijat bayi. Pergunakanlah minyak yang memang diformulasikan untuk bayi, lebih bagusnya adalah minyak (baby oil) yang biasa Bayi Anda gunakan. Namun jika tidak ada, Anda bisa memberikan sedikit minyak pada kulit bayi sambil perhatikan apakah ada reaksi atau tidak. Jika kulit bayi memerah atau bayi merasa gelisah, maka jangan gunakan minyak tersebut untuk memijat bayi Anda.

2. Mulailah dengan Memijat Kaki

Memijat bayi dapat dilakukan mulai dari area kaki. Bagian ini tidak begitu sensitip sehingga Anda bisa memulainya dengan melakukan pijatan yang lembut. Pijatan dapat dilakukan dengan pola melingkar dan lurus diseluruh bagian kaki. Beri sedikit tekanan agar peredaran darah di kaki bayi dapat berjalan dengan lancar sehingga kaki-kakinya bisa lebih rileks untuk bergerak.

3. Memijat Bagian Dada dan Perut

Jika bayi sudah mulai merasa nyaman, Anda bisa melanjutkan untuk memijat bagian dada dan perut. Berbeda pada bagian kaki, di bagian dada perut Anda harus lebih lembut memijatnya, sebab bagian ini merupakan bagian tubuh yang paling sensitif. Pijatan bagian perut bermanfaat untuk mengeluarkan gas yang berlebih di perut bayi dan untuk memperlancar pencernaan. Gerakan pijatan dapat dimulai dari bagian atas hingga dibawah leher selama beberapa kali, lalu gerakan juga dibagian sisi kiri dan kanan area tulang dibawah bahu (selangka). Pada bagian dada, gerakan memijat dibuat menyerupai “gambar love” dan lanjutkan pada posisi menyilang dari kiri ke kanan dada bayi. Pijatan pada bagian dada ini membantu melancarkan sistem kerja paru-paru, jantung hingga aliran darah.

4. Beri Pijatan Pada Bagian Punggung

Pijatan pada bagian ini umumnya paling disukai oleh bayi. Anda dapat mulai memijatnya secara maju muncur dibagian bokong hingga bagian tengkuk leher. Anda dapat menggunakan sedikit tekanan untuk merilekskan tulang punggung agar setelahnya bayi Anda dapat tidur dengan tenang dan nyenyak.

5. Pijat Lengan Bayi

Langkah terakhir dalam memijat bayi dengan benar adalah dengan memberikan pijatan pada lengan. Lengan merupakan salah satu bagian yang sering digunakan untuk bergerak. Memijat lengan bayi mulai dari pangkal lengan hingga pergelangan tangan akan membuat otot-ototnya semakin rileks. Dan jangan lupa untuk memijat bagian telapak serta jari-jari tangan.

Leave a reply "Tips dan Cara Memijat Bayi yang Benar"