Tips Membeli Kamera di Toko Kamera Online dan Offline

No comment 739 views
build_links(); ?>

Toko Kamera

Anda ingin membeli kamera? Untuk itu Anda butuh persiapan. Well, fotografi erat hubungannya dengan teknologi dan seperti kebanyakan hal yang berhubungan dengan teknologi, budget Anda pun perlu disiapkan. Anda mau kamera serta perlengkapannya yang terbaik dan canggih? Maka, camkan pepatah, “You get what you pay for,” Semakin canggih yang Anda cari semakin besar juga budget yang diperlukan. Setelah ada dana, jangan pula sembarangan membeli di toko kamera mau online ataupun offline.

Anda butuh sebuah kamera karena butuh? Maka, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalkan Anda membutuhkan kamera untuk keperluan dokumentasi, disarankan membeli kamera kit—kamera yang dijual sepaket, terdiri dari body kamera dan lensa kitnya (lensa 18-55 cm). Atau tentukan sendiri merek dan jenis kamera yang Anda kehendaki. Minimal tentukan 2 hingga 3 merek dari satu jenis kamera sebagai perbandingan di toko nanti. Jangan sampai ketika membeli Anda malah bingung menentukan pilihan.

Nah, bila Anda sudah tahu mau membeli model kamera seperti apa, Anda bisa membeli di toko kamera online maupun offline. Pada dasarnya membeli di mana pun itu sama, hanya tinggal mengikuti tips membeli kamera di bawah sini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, misalnya penipuan. Berikut tipsnya:

1. Cari referensi kamera

Pahami dengan baik segala fitur, spesifikasi serta performa kamera pilihanmu. Bisa dari sahabat terdekat, rekan-rekan berpengalaman, majalah, hingga internet. Juga, cari tahu apakah ada yang menjadi aksesoris bawaan kamera, seperti lensa, charger, tas dll. Agar nantinya saat membeli, Anda tidak tertipu seller yang berkata perangkat bawaannya tidak termasuk sehingga Anda harus keluar biaya lagi untuk mendapatkannya.

2. Cari referensi harga

Sangat penting untuk mencari tahu harga-harga kamera pilihanmu di pasaran. Lihat-lihatlah daftar produk di sebuah situs toko online kamera misalnya. Di situ Anda bisa membandingkan harga. Jika ada sebuah toko yang menawarkan harga yang tidak wajar (terlalu mahal atau terlalu murah) sebaiknya Anda mulai curiga.

Selesai mengorek info spek dan harga, Anda bisa melanjutkan dengan mencari seller terpercaya, yang mempunyai reputasi yang baik di antara pelanggannya. Biasanya harga yang dipatok sesuai dengan yang ada di pasaran dan pelayanannya pun baik. Apabila Anda berbelanja di toko offline kamera, setidaknya Anda mencari toko-toko besar yang sudah memiliki nama da reputasi yang tinggi.

Untuk belanja di toko kamera online, Anda pun juga harus mencari toko yang terpercaya bisa dengan:

  • Mendapatkan info detail seputar kamera dari customer servicenya.
  • Mengecek informasi yang berkaitan dengan toko online yang akan dikunjungi meliputi profil perusahaan, alamat dan nomor telepon, testimonial konsumen, tata cara pengiriman, dll.
  • Simpanlah slip bukti pembayaran sebagai alat bukti jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Leave a reply "Tips Membeli Kamera di Toko Kamera Online dan Offline"