Tips Membeli Perumahan Murah Agar Tidak Tertipu

1 comment 960 views
build_links(); ?>

Memiliki rumah merupakan impian hampir setiap orang. Tak hanya mereka yang sudah menikah saja, yang belum menikah namun sudah bekerja pun sangat mendambakan bisa membeli rumah sendiri. Namun terkadang, apa yang diharapkan belum tentu bisa didapatkan dengan mudah, apalagi dengan kondisi uang yang pas-pas-an. Tentu akan cukup sulit untuk bisa membeli rumah dalam waktu yang singkat.

Tips Membeli Perumahan KPR di Bandung

Problem diatas mungkin juga sedang Anda alami saat ini, namun keinginan untuk mendapatkan rumah yang nyaman tentu mendorong untuk kita tetap semangat dan berusaha mencari alternatif lain yang lebih meringankan. Walau tidak dapat membeli rumah secara kontan, membeli rumah secara kredit termasuk opsi yang tepat ditengah segala keterbatasan ini. Dan beruntung, saat ini program perumahan murah yang memberikan kredit KPR kian digalakkan hampir di seluruh pelosok Tanah Air. Mulai dari Medan, Jakarta, Bandung dan berbagai daerah lainnya turut menyediakan perumahan murah yang bisa dibayar secara KPR. Seperti halnya di Bandung, banyak developer syarat rumah kpr yang kini menyediakan KPR bagi masyarakat menengah kebawah, dengan tujuan agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki rumah, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Namun jika berbicara soal membeli perumahan murah, tentu Anda juga tidak boleh sembarangan dalam membeli. Agar Anda tidak tertipu oleh developer-developer perumahan nakal, ada baiknya Anda mengikuti tips-tips membeli rumah berikut ini:

1. Ketahui Reputasi Developer

Poin utama sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah adalah ketahui dulu siapa dan bagaimana reputasi dari developer tersebut. Jika mereka bukan pemain baru di dunia properti, penting untuk Anda mengetahui ijin-ijin yang dimilikinya, seperti Ijin Lokasi, Tata Guna Lahan, Site Plan yang telah disahkan, SIPPT, IMB), NPWP perusahaan dan sebagainya. Atau dengan melihat langsung proyek-proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya, sebagai pembanding untuk menilai bagaimana kualitas properti yang mereka bangun.

2. Jangan Bayar DP Sebelum KPR Disetujui

Membayar DP (down payment) memang suatu keharusan sebelum KPR disetujui oleh bank. Namun hati-hati, jika developer terus mendesak Anda untuk segera membayar dp sementara pengajuan KPR anda belum disetujui oleh bank. Sebab tidak ada jaminan bahwa KPR Anda akan disetujui walau telah membayar DP. Dan pastikan pula, bahwa jika KPR Anda tidak disetujui, uang DP Anda dapat kembali 100% kepada Anda.

3. Jangan Transaksi Dibawah Tangan

Untuk segala sesuatunya yang berkaitan dengan uang, seperti pembayaran DP dan sebagainya, jangan pernah melakukan transaksi dibawah tangan. Jika nominal transaksi dalam jumlah besar, maka sebaiknya lakukan bersama dengan notaris. Namun untuk transaksi kecil, pastikan untuk membuat nota/bukti pembayaran yang sah di mata hukum, untuk menjaga jika transaksi bermasalah dikemudian hari.

  1. author

    manohara1 year ago

    Terima kasih atas perkongsian. Saya dah lama nak beli rumah, tapi takut kena songlap duit.. maklum la budak baru belajar.. hehee

    Reply

Leave a reply "Tips Membeli Perumahan Murah Agar Tidak Tertipu"