Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Tercinta

No comment 1940 views
build_links(); ?>

Ruam popok adalah suatu kondisi di mana area popok terkena infeksi atau radang. Area popok itu diantaranya adalah paha, bokong termasuk alat kelamin sang bayi. Infeksi atau radang terjadi karena kulit di sekitar area popok terpapar oleh zat amoniak dari urine, atau pups atau feses bayi yang tidak segera dibersihkan. Cirinya adalah dengan adanya pembengkakan, kulit memerah ataupun lecet di area tersebut. Kulit bayi yang lembut sangat rentan lecet atau pun melepuh. Sebagai orang tua tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi pada anak kita, berikut tips mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi.

Mengatasi Ruam Popok Yang pertama kita harus kenali kapan dan berapa kali bayi kita buang air kecil dan buang air besar dalam sehari. Maka semakin sering bayi kita melakukan buang air kecil atau pun besar maka semakin sering harus kita bersihkan. Biasanya bayi di bawah satu bulan lebih sering buang air kecil maupun besar sehingga kita harus sering mengeceknya. Untuk kondisi tertentu biasanya para bayi menangis sebagai tanda ketidaknyamanan mereka apabila terlalu lama urine atau feses tidak segera dibersihkan dari tubuhnya.

Yang kedua pemakaian popok yang tepat berpengaruh juga pada infeksi ini. Popok yang bagus seharusnya memberikan sirkulasi udara yang baik bagi kulit bayi sekitar area popok. Bila ingin menggunakan popok sekali pakai pilihlah popok yang bisa memberikan kenyamanan seperti ini.

Yang ketiga segera bersihkan urine ataupun feses dari tubuh bayi, jangan sampai mengering. Selain sulit dibersihkan, kulit bayi yang lembut sangat mudah mengalami lecet. Pakailah air hangat dicampur sedikit baby oil untuk memudahkan pembersihan dan kulit bayi tetap lembut dan tidak terluka.

Keempat jika kulit bayi terlanjur mengalami infeksi untuk mengatasinya kita bisa memberikan baby oil pada area popok yang terinfeksi setelah dibersihkan tentunya. Jika sakit berlanjut segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih jauh.

Demikian tips mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi semoga bisa bermanfaat untuk anda para ibu.

Leave a reply "Tips Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Tercinta"