Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna

1 comment 1386 views

Siapa yang tidak ingin punya liburan menyenangkan dan sempurna? Sesuatu yang siapa saja pasti menginginkannya. Tapi masih saja seringkali kita mendapatkan liburan yang terasa hambar, kurang menyenangkan, berakhir kecewa, atau liburan yang membuat kita nyesek karena menyesal setelah sampai di rumah. Tipe-tipe liburan ini adalah tipe liburan yang pasti kamu juga tidak menginginkannya. Apalagi sudah mengeluarkan uang banyak, menyita waktu banyak, serta karena tidak sering datang kesempatan untuk liburan.

Agar liburan (travelling) yang kita lakukan bisa lebih menyenangkan, tidak menyisakan penyesalan, dan terasa sempurna, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Berikut adalah diantaranya:

Usahakan untuk merencanakan liburan dengan matang

Masih banyak traveler yang suka nekat pergi berlibur tanpa merencanakan berbagai kegiatan yang bisa dan harus mereka lakukan. Yang ujung-ujungnya menyebabkan liburan kadangkala berakhir mengecewakan. Misalnya saja, karena tidak booking hotel terlebih dahulu membuat sebagian traveler kelimpungan saat mendapat jawaban “kamar sold out.” Atau, tidak bisa mengunjungi tempat-tempat yang ingin didatangi karena manajemen waktu yang buruk.

Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna

Merencanakan liburan – sumber gambar : travelandleisure.com

Jadi jika kamu menginginkan sebuah liburan yang sesuai dengan apa yang kamu impikan, sebaiknya susunlah rencana mulai dari rumah. Contoh:

  • Mengatur jadwal kunjungan dan berapa jam kamu harus menghabiskan waktu di tempat tersebut.
  • Booking hotel melalui agen travel online terutama pada saat peak season agar dapat kamar.
  • Booking hotel lebih cepat atau lebih awal agar bisa mendapatkan kamar sesuai dengan yang diinginkan.
  • Booking tiket pesawat dulu, baru kemudian booking hotel.

Buat list tempat-tempat yang akan kamu kunjungi

Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna

Tujuan wisata – sumber gambar : travel.aol.co.uk

Buat list tempat-tempt yang ingin kamu datangi, sekaligus pikirkan juga transportasi yang akan kamu gunakan. Karena transportasi sangat mempengaruhi mobilitas kita. Misalnya, jika berlibur pada musim hujan, maka memilih menyewa kendaraan roda empat akan lebih tepat sehingga kamu bisa bebas pergi ke mana saja tanpa harus khawatir kehujanan.

Jangan terlalu bergantung pada direct booking

Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna

Kamar hotel sold out – sumber gambar : enjoyeden.com

Pada saat low season, memesan hotel dengan metode direct booking bukanlah masalah. Karena kemungkinan besar yang kita bisa mendapatkan kamar. Akan tetapi metode ini akan sulit diterapkan pada saat musim liburan tiba atau pada saat high season dan peak season. Karena pada saat liburan tiba, persaingan untuk mendapatkan kamar hotel yang sudah pasti sangat ketat.

Hindari merencanakan liburan yang mendadak

Liburan yang mendadak, terutama apabila kita hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk mempersiapkannya seringkali membuat kita sedikit sembrono dalam mengambil keputusan. Baik saat memilih hotel, membeli tiket, atau tidak sempat membuat rencana liburan.

Baca review pengalaman traveler yang pernah berlibur

Jika destinasi liburanmu adalah destinasi yang asing dan baru buatmu, kamu wajib mencari referensi, terutama dengan membaca beberapa pengalaman mereka yang pernah berlibur ke sana. Karena tentu saja kamu tidak ingin ketipu hanya karena melihat foto. Apalagi saat ini, foto yang diambil dari sudut pandang tertentu memang terkadang terlihat indah. Akan tetapi saat sudah sampai di tempat liburan, betapa kecewanya kita karena kondisi dan situasi di tempat tersebut sangat jauh berbeda dari foto-foto yang selama ini kita lihat.

Jaga kesehatan dengan mempersiapkan fisik dan stamina

Saat melakukan perjalanan liburan, kita membutuhkan stamina ekstra, terutama karena perjalanan yang jauh serta waktu beristirahat yang sedikit. Wajib hukumnya kamu menjaga kesehatan, pandai-pandai memanfaatkan kesempatan untuk beristirahat, serta njaga staminamu agar tetap fit bisa hingga liburan selesai. Kurang sehat saat liburan akan membuatmu tidak mood sekaligus tidak bisa menikmati suasana.

Jangan salah memilih kamar hotel

Liburan yang sempurna juga dipengaruhi oleh pemilihan kamar hotel. Jika kita langsung datang ke hotel untuk memesan kamar (direct booking), biasanya kita akan dihadapkan pada pilihan kamar yang terbatas. Lebih-lebih jika waktu tersebut adalah saat dimana liburan nasional sedang berlangsung.

Untuk menghindari kecilnya kesempatan mendapatkan kamar yang diharapkan, ada baiknya kamu melakukan pemesanan dan mencari kamar melalui aplikasi atau website agen online. Jika kamar yang kita inginkan tidak tersedia di hotel favorit, kita bisa dengan mudah beralih ke hotel lain yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan kamar yang sesuai keinginan.

Perhatikan musim

Berlibur di musim panas adalah pilihan tepat. Karena pada saat itu, cuaca sebagian besarnya akan cerah, sehingga kita bisa pergi ke manapun tanpa khawatir kehujanan. Namun jika terpaksa harus berlibur pada saat musim hujan, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa perlengkapan extra mulai dari: Uang tambahan untuk menyewa kendaraan roda 4.

Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna

Kehujanan saat travelling –sumber gambar : triptomoldova.wordpress.com

Jika tidak memiliki uang lebih, kamu setidaknya harus menyediakan jas hujan ketika harus terpaksa menyewa kendaraan roda dua, atau, periksalah kondisi cuaca dengan melihat prakiraan cuaca dari beberapa situs terpercaya sebelum merencakan perjalanan wisata.

  1. author

    Steven William1 year ago

    wahh pas banget nihh tipsnya buat ane yang mau my trip my adventure 😀

    Reply

Leave a reply "Tips Menciptakan Sebuah Liburan yang Sempurna"