Tips Mengemudi di Jalan Bebas Hambatan/Tol

2 comments 1981 views
build_links(); ?>

Jalan Bebas Hambatan (Tol)

Jalan bebas hambatan atau jalan tol kerap dijadikan alternatif untuk Anda yang ingin menuju sebuah destinasi dengan waktu cepat. Kendati demikian, jalan bebas hambatan kerap mendatangkan angka kecelakaan yang tinggi.

Lantas, bagaimana caranya agar tetap aman berkendara/mengemudi saat pengendara mengakses jalan tol? Simak tipsnya berikut ini!

Kondisi Anda Layak Mengemudi

Sebelum berkendara di jalan bebas hambatan, pastikan bahwa Anda berada dalam kondisi yang layak untuk mengemudi. Pastikan bahwa diri Anda sedang dalam kondisi tidak mengantuk atau tidak mengkonsumsi obat tertentu. Selain itu, hindari pula mengemudi saat Anda merasa letih atau capek.

Periksa Kelayakan Kendaraan

Jalan Bebas Hambatan (Tol)

Selain diri Anda sebagai pengemudi yang harus prima, kondisi kendaraan yang digunakan pun harus dalam kondisi baik. Anda dapat memeriksa tekanan angin ban, air radiator, wiper dan air accu, sistem kelistrikan dan kabel-kabelnya berfungsi dengan baik, memeriksa oli mesin, minyak rem, power steering, mengecek karet-karet seperti fan belt dan selang-selang dan kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK.

Keamanan Berkendara

Saat masuk ke dalam mobil, pastikan bahwa Anda telah mengenakan sabuk pengaman dengan benar, kemudian set kaca spion agar sesuai pandangan yang diinginkan.

Selain itu, hindari merokok dan banyak mengobrol saat berkedara, hal ini agar membuat diri Anda tetap fokus saat menyetir.

Teknik Menyalip

Saat Anda ingin menyalip, perhatikan mobil lain yang berada di belakang Anda, dengan jarak ideal antara 10 sampai 20 meter. Hal ini harus Anda lakukan, terlebih saat mobil berada di lajur kiri dan ingin menyalip ke lajur kanan.

Sementara jika mobil yang berada di belakang sudah menyalakan lampu dim, Anda tidak diperbolehkan untuk menyalip. Lalu, jangan lupa untuk menyalakan lampu sen saat hendak menyalip.

Perhatikan Kecepatan

Kecepatan perlu Anda perhatikan selama di jalan tol. Kecepatan ideal saat berkendara di jalan bebas hambatan berkisar antara 60 sampai 80 kilometer per jam dan berada di lajur paling kiri. Sementara jika Anda berada di lajur kanan, kecepatan minimum kendaraan Anda adalah 120 kilometer per jam.

Jarak Ideal Antar Mobil

Jalan Bebas Hambatan (Tol)

Selama perjalanan, selalu jaga jarak aman Anda. Dilansir dari Mobil123.com, jarak ideal antara mobil di bagian depan dan belakang adalah 10 sampai 20 meter, atau Anda harus menyediakan jarak setidaknya 3 sampai 4 detik untuk kendaraan yang berada di jarak depan. Hal ini sangat penting Anda lakukan, agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pengereman.

Stimulasi Mata

Berkendara dalam pandangan statis dapat membuat mata Anda cepat merasa letih. Untuk itu, stimulasi darah di mata Anda saat menyetir, dengan cara melirik ke kiri dan ke kanan setiap 2 detik.

Jangan Panik

Ketika mobil yang Anda kendarai mengalami gangguan, buat diri Anda tetap rileks dan tidak panik. Ada baiknya Anda langsung menyalakan lampu sen dan hindari penurunan kecepatan secara drastis.

Jika mobil yang Anda kendarai sedang mencapai 60 kilometer per jam, disarankan untuk menepi ke kiri, dengan kecepatan yang diturunkan perlahan sampai 30 kilometer, lalu sepenuhnya berhenti.

Taati Peraturan Lalu Lintas

Tips terakhir yang juga sangat penting adalah selalu menaati peraturan lalu lintas. Perhatikan setiap rambu lalu lintas yang ada dan peraturan penting seperti lajur kanan yang digunakan untuk mendahului dan bahu jalan dapat digunakan untuk berhenti saat kondisi darurat.

Tips di atas perlu Anda perhatikan sebelum berkendara di jalan bebas hambatan/tol. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

  1. author

    Akrom Mukti1 year ago

    Informasi yang sangat bermanfaat, harus ada edukasinya nih..

    Reply
  2. author

    yadi3 years ago

    Jalan tol merupakan jalan yang nyaman untuk berkendaraan. dibalik kenyamanannya, jalan tol sering terjadi kecelakaan. kecelakaan di jalan tol sebagian akibat dari kelalaian manusia dan sebagian lagi dari kondisi kendaraan itu sendiri. terima kasih sudah memberikan tips berkendaraan di jalan tol. ini sangat bermanfaat sekali.

    Reply

Leave a reply "Tips Mengemudi di Jalan Bebas Hambatan/Tol"