Tips Menggunakan Wadah Plastik yang Aman ke Microwave

No comment 457 views
build_links(); ?>

Tips Menggunakan Wadah Plastik  

Bagi kebanyakan orang, memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain dapat menyajikan makanan yang sehat untuk seluruh anggota keluarga, kegiatan memasak juga bisa mengisi kesibukan sehari-hari saat sedang santai dirumah. Apalagi di zaman sekarang, memasak sudah bukan lagi hal yang merepotkan. Memasak bisa menggunakan microwave, yang tinggal di setel (waktu) dan (suhunya), dalam sekejap makanan yang nikmat sudah bisa disajikan. Namun bagi Anda yang ingin memasak di microwave dengan menggunakan wadah plastik, sebaiknya harus berhati-hati. Sebab, tidak semua wadah plastik aman digunakan ke microwave. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, berikut tips menggunakan wadah plastik secara aman, saat memasak di Microwave:

  1. Periksa bagian label pada wadah plastik

Kebanyakan orang menggunakan wadah kaca saat memasak di microwave, namun ada sebagian orang yang justru lebih menyukai menggunakan wadah plastik. Sayangnya, tidak semua wadah plastik bisa digunakan ke microwave. Ada jenis wadah plastik khusus yang boleh digunakan ke microwave, biasanya wadah ini ditandai dengan label microwave-safe. Bahan plastik yang digunakan pada wadah dengan label khusus ini, aman dari panas saat digunakan pada microwave. Jadi, Anda tidak perlu khawatir wadah plastik akan meleleh serta cukup aman dari kontaminasi bahan kimia berbahaya. Selain itu, untuk menjaga kualitas makanan, sebaiknya pilih juga wadah plastik khusus dengan label BPA-free.

  1. Hindari penggunaan wadah plastik sekali pakai

Menggunakan wadah plastik bekas makanan seperti margarin, biskuit, bekas es krim dan sebagainya, pada dasarnya memang dibolehkan, asalkan tidak menyentuh wadah plastik tersebut secara langsung. Akan tetapi, wadah-wadah plastik seperti itu, sebaiknya tidak digunakan ke dalam microwave. Sebab, wadah plastik ini tidak mampu menahan panas microwave, dan dapat dengan mudahnya meleleh. Sehingga dapat berbahaya bagi makanan dan kontaminasi bahan kimia dari wadah plastik sekali pakai itu.

  1. Hindari menggunakan wadah plastik yang sudah tergores

Wadah plastik dengan label microwave-safe sebenarnya, tidak terbuat dari bahan yang bebas plastik. Kandungan utamanya tetap plastik, namun telah diberi lapisan khusus anti panas, sehingga bisa digunakan pada microwave. Namun, apabila wadah ini tergores, maka lapisan anti panas tersebut bisa hilang seketika. Sehingga bahan kimia yang berasal dari wadah plastik, bisa tercampur ke dalam makanan yang dimasak.

  1. Usahakan agar plastic wrap tidak mengenai makanan

Sebagian orang terbiasa menggunakan plastic wrap saat memanaskan makanan ke microwave. Plastic wrap ini memang berguna untuk melindungi makanan agar tetap bersih. Namun sebaiknya hati-hati saat menggunakan plastic wrap, sebab jenis plastik ini tidak berlabel BPA free, sehingga kontaminasi terhadap bahan kimia sangat mungkin terjadi. Nah, untuk mengurangi resiko itu, sebaiknya plastic wrap tidak bersentuhan dengan makanan, agar zat kimia berbahaya tidak masuk ke dalam makanan.

Leave a reply "Tips Menggunakan Wadah Plastik yang Aman ke Microwave"