Tips Meraih Keluarga Sakinah

No comment 963 views
build_links(); ?>

Keluarga Sakinah

Setiap keluarga pasti mendambakan kehidupan yang bahagia, tenang, damai, terhindar dari segala perselihan rumah tangga serta dirahmati Allah Swt sesuai dengan prinsip keluarga Sakinah. Hal tersebut juga disebutkan saat akad pernikahan terjadi, dimana ketika janji suci untuk membina sebuah hubungan diucapkan dan disaksikan oleh para wali/orang tua. Saat itu pula harapan akan menjadi keluarga bahagia dipanjatkan dan kelak akan menjadi sebuah kenyataan.

Pada prinsipnya menjadi keluarga bahagia adalah mudah apabila kita mau mengikuti aturan-aturan berumah tangga yang telah di tetapkan oleh agama. Intinya segala urusan atau permasalahan yang mungkin terjadi pada saat menjalani kehidupan rumah tangga, kita serahkan dan ikuti aturan yang telah di tetapkan agama. Lupakan keegoisan yang mungkin masih ada dalam diri masing-masing saat menemukan perbedaan dari prinsip rumah tangga, lakukan instropeksi diri untuk mencari jalan keluar terbaik atas permasalahan yang sedang dihadapi. Selain itu pengendalian diri juga diperlukan untuk menghindari terjadinya pertengkaran yang lebih besar. Dengan adanya rasa saling kasih di antara pasangan, maka sangat mustahil perpecahan dapat terjadi. Yang ada justru hubungan keluarga menjadi semakin erat dan harmonis.

Keluarga sakinah juga tidak hanya berfokus pada hubungan antara suami dan istri saja. Kebahagian juga harus turut dirasakan pada seluruh anggota keluarga, misalnya hubungan baik antara anak dan orang tua, atau anak dengan anggota keluarga yang lainnya. Untuk mencapai itu semua, perlu adanya keseimbangan waktu antara orang tua dan anak, seperti orang tua sebaiknya meluangkan sedikit waktu untuk bercengkrama bersama anak-anak ketika usai bekerja. Mengobrol atau berdiskus tentang hal-hal menarik yang mungkin dialami saat anak-anak bersekolah dapat memberikan kehangatan hubungan dalam berkeluarga. Selain itu mengajak anak-anak pergi berlibur dan menghabiskan akhir pekan ditempat-tempat yang seru juga dapat menjaga keharmonis keluarga sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan antara anak dan orang tua.

Selanjutnya beri dan tularkan kebiasaan-kebiasaan baik bersama keluarga, misalnya ketika ada momen ulang tahun, berikan juga hadiah-hadiah kecil yang dapat menjadi momen-momen yang selalu dirindukan oleh anggota keluarga. Jangan sungkan untuk memberikan kecupan atau pelukan hangat kepada anggota keluarga, karena hal itu bisa memberikan rasa aman dan nyaman untuk setiap anggota keluarga.

Selain itu menjaga keharmonisan hubungan bertetangga juga diperlukan. Ssebagai makhluk sosial kita memang tidak lepas dari urusan bertetangga atau pertemanan. Menjaga kerukunan dan silaturahim dengan tetangga dapat memberikan kebahagian tersendiri dalam lingkungan tempat tinggal. Dengan hubungan yang terjalin secara baik, akan menghindari terjadinya perselisihan-perselihan dengan para tetangga. Dan apabila hal itu berjalan dengan baik, maka sudah tentu Anda akan merasa nyaman saat berada diantara mereka.

Leave a reply "Tips Meraih Keluarga Sakinah"