Tips Perawatan Kulit Wajah Sensitif

No comment 325 views

Setiap manusia terlahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Salah satunya kulit sensitif. Kulit sensitif adalah suatu kondisi kulit yang rentan terhadap banyak hal. Ada yang memiliki kulit sensitif sejak lahir. Namun ada juga yang memiliki kulit sensitif sebagai akibat dari perawatan wajah yang tidak tepat. Perawatan kulit wajah sensitif memang tidak boleh sembarangan. Memperlakukan kulit sensitif dengan jenis kulit lain sangat berbeda.

Perawatan Kulit Wajah
Kulit sensitif menjadi rusak karena tidak cocok pada sabun, krim, atau juga bedak dan alat make-up yang digunakan. Biasanya reaksi yang terjadi adalah kulit memerah, mengelupas, kulit menjadi berjerawat, dan kulit menjadi kering. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan. Untuk kulit kering, kulit ini membutuhkan banyak hidrasi karena kelembaban kulit wajah Anda berkurang. Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti udara, debu, perubahan cuaca, dan paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Cuci wajah Anda dengan air hangat sebelum tidur.
  2. Bersihkan pori-pori di kulit wajah dengan pembersih wajah.
  3. Lalu bilas wajah sampai bersih.
  4. Perbanyak minum air putih.

Untuk kulit berminyak, pori-pori kulit akan membesar, sehingga lebih sering berjerawat. Untuk mengatasinya, ikuti langkah berikut:

  • Cuci bersih wajah sehari tiga kali.
  • Gunakan minyak lavender untuk menghilangkan jerawat dan noda hitam.
  • Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang digoreng.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Perbanyak minum air putih.

Merawat kulit sensitif membutuhkan perhatian khusus. Karena kulit sensitif lebih mudah berjerawat dan rentan terhadap kerusakan. Cara paling tepat untuk merawat kulit sensitif adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut tips perawatan kulit wajah sensitif:

a. Vitamin C

Vitamin ini kita kenal dengan banyak kandungan antioksidan. Penggunaan krim steroid dapat diatasi dengan konsumsi vitamin C. Vitamin C sangat banyak ditemui pada buah-buahan seperti lemon, strawberry, jeruk dan lain sebagainya.

b. Madu

Madu bersifat menyembuhkan. Oleskan madu pada wajah. Dapat juga dibuat masker dengan menambahkan air mawar. Madu sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit terutama akibat paparan sinar matahari.

c. Minyak zaitun

Digunakan untuk mengangkat noda dan kotoran pada wajah Anda. Cobalah gunakan minyak zaitun untuk meminimalisir penipisan kulit.

d. Kopi

Kopi baik untuk kesehatan kulit. Buat masker dengan bahan kopi dicampur madu. Oleskan pada wajah masker tersebut. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif:

  1. Selektif memilih produk kecantikan. Sebaiknya pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia.
  2. Kondisi lingkungan seperti cuaca panas dan dingin sangat berpengaruh pada kelembaban kulit sensitif Anda. Gunakan produk wajah dengan SPF menyesuaikan kondisi lingkungan.
  3. Atur pola minum khusus untuk menghidrasi kulit Anda agar tidak semakin kering.
  4. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk menjaga keseimbangan nutrisi kulit Anda.

Itulah tips perawatan kulit wajah bagi Anda yang berkulit sensitif. Semoga ulasan ini dapat membantu mengatasi masalah Anda. Sehingga Anda pun dapat merasakan kulit sehat menjadi milik Anda. Jangan ragu periksakan kulit Anda ke dokter kulit, jika Anda merasa tips diatas tidak memberikan perubahan. Dan bila Anda ingin menggunakan produk krim wajah, sebaiknya gunakan produk krim khusus untuk kulit sensitif. Sayangi kulit Anda, karena kulit adalah investasi. Selamat mencoba!

Leave a reply "Tips Perawatan Kulit Wajah Sensitif"