Waspada Penyakit Diabetes

No comment 107 views
build_links(); ?>

Siapa sih yang ga kenal dengan penyakit diabetes? Penyakit ini bukan merupakan suatu penyakit yang asing kita kenal. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini tidak memandang siapa yang akan ia serang, baik tua maupun muda berpotensi untuk terkena penyakit ini. Jadi banyak sekali masyarakat yang terkena penyakit diabetes dari berbagi kelompok usia.

Penyakit Diabetes

 

Diabetes atau secara medis menyebutnya diabetes melitus (DM), sedangkan masyarakat kita sering menyebutnya kencing manis merupakan suatu kelainan dari metabolisme tubuh yang disebabkan oleh beberapa faktor. Deteksi penyakit diabetes bisa dikarenakan kurangnya insulin pada tubuh atau bisa juga dikarenakan ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Hormon insulin ini dihasilkan oleh pankreas penderita, lebih tepatnya pada sebuah kelenjar kecil yang letaknya berada di belakang lambung. Dimana hormon insulin ini nanti akan membatu tubuh merubah glukosa menjadi energi. Jika pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau insulin yang dihasilkannya tidak dapat berfungsi dengan baik maka tubuh tidak akan mampu merubah glukosa menjadi energi. Sehingga, glukosa akan tetap pada bentuknya ketika masuk ke dalam sel darah. Oleh karena itu, kadar glukosa di dalam darah akan meningkat.

Lebih jelasnya penyakit ini tergolong ke dalam penyakit metabolisme kronis yang bisa dimasukkan ke dalam karakteristik yaitu keadaan dimana tingkat gula darah berada di atas batas normal. Bukan suatu yang tidak mungkin ketika ditemukan banyak orang yang memiliki kadar gula darah di atas normal, namun pada mereka yag berada pada tingkatan tertentu maka bisa digolongkan ke dalam pasien/menderita diabetes. Tingkat gula darah yang dimiliki seseorang inilah yang merupakan ciri-ciri awal untuk orang yang menderita diabetes. Penyakit ini juga dapat menjadi pemicu beberapa penyakit lain seperti Alzheimer, sindrom down, demensia, dan lain-lain. Penderita diabetes bisa dibilang akan memiliki penyakit ini sepanjang umurnya, namun hal ini dapat diminimalisir dengan memperbaiki gaya hidup penderitanya. Penyesuaian gaya hidup pasien diperlukan untuk memberikan penanganan terhadap gejala dan komplikasi yang muncul bersamaan dengan penyakit diabetes ini.

Leave a reply "Waspada Penyakit Diabetes"