3 Cara Agar Potty Training si Kecil Sukses

No comment 78 views

Cara Potty Training

Potty Training atau toilet training adalah hal yang harus dilakukan oleh orang tua sejak dini. Usia 1,5 – 2 tahun adalah usia yang ideal bagi si kecil untuk diajarkan bagaimana cara buang air ke toilet. Terang saja melatih anak untuk membungan air di toilet memang bukan perkara yang mudah, butuh ke sabaran dan kedisiplinan oleh orang tua untuk mengajarkan cara potty training pada buah hatinya.

Nah, buat Anda orang tua yang sedang berjuang untuk melatih si kecil potting training, ini adalah 3 cara yang bisa Anda lakukan. Cara ini diperkenalkan oleh seorang pakar kesehatan anak bernama Lora Jansen. Lewat bukunya yang berjudul ‘3 Day Potty Training’, ia membagikan pengalaman bagaimana ia melatih buah hatinya untuk bisa lepas popok di usia 22 bulan. Berikut adalah cara yang dilakukan;

1. Singkirkan sejumlah pengalih perhatian

Hal yang pertama dilakukan oleh orang tua adalah bagaimana mendidikasikan diri selama 3 hari untuk melatih si kecil ke toilet. Dengan cara menyelesaikan urusan belanja, santapan di meja makan dengan tepat waktu. Namun sebaiknya utamakan urusan laundry dan membersihkan rumah. Bila hal-hal tersebut sudah dilakukan, selanjutnya fokus pada si kecil. Dengan cara mengajaknya untuk bermain apa saja yang ia sukai, atau bisa juga melakukan aktifitas menyenangkan lain seperti mewarnai dan nonton bersama.

2. Singkirkan semua popoknya

Awal mula melakukan potty training memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Anda harus bersiap atas segala ‘kebasahan’ yang akan terjadi. Yah, seperti itulah usaha untuk melenyapkan kebiasaan menggunakan popok pada anak. Dengan menyingkirkan semua popok terutama saat si kecil tidur. Maka perlahan ia akan mulai terbiasa untuk tidak lagi menggunakannya. Memang hal ini butuh kedisiplinan dalam mengingatkan si kecil untuk ke toilet. Namun cara ini sangat efektif untuk menghentikan kebiasaan si kecil buang air di popok.

3. Ingatkan si Kecil Bila Ingin Pipis atau Pup

Ingatkan si kecil bahwa ada waktu-waktu di mana ia harus ke toilet. Dengan terus mengingatkan maka si kecil akan merasa jika ia sedang belajar akan proses tersebut, secara otomatis ia pun tidak akan menentangnya. Anda juga harus membiasakan untuk membangunkan si kecil tengah malam untuk pipis. Anda bisa menyiapkan alarm, setiap 2-3 jam sekali dan mengingatkannya untuk segera ke toilet.

Leave a reply "3 Cara Agar Potty Training si Kecil Sukses"