5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan

No comment 1868 views

Vitamin C merupakan salah satu unsur mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan dan juga kecantikan. Vitamin c bisa diperoleh dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan segar yang umum dijumpai di sekitar kita. Buah-buahan dengan cita rasa yang asam adalah salah satunya yang mengandung kadar vitamin c yang cukup tinggi. Nah, selain itu, asupan vitamin c juga bisa diperoleh dalam bentuk suplemen tablet yang bisa diperoleh di swalayan ataupun apotek yang ada disekitar kita. Contohnya saja suplemen dengan merek Redoxon. Setiap tablet redoxon mengandung 1000 mg vitamin c yang baik dikonsumsi setiap harinya. Tak hanya itu saja, suplemen ini juga diperkaya oleh zinc untuk membantu mempermudah penyerapan vitamin c oleh tubuh.

Manfaat Vitamin C

Penting untuk diketahui bahwa sejumlah jurnal kesehatan menyebutkan, mengkonsumsi vitamin c dalam jumlah yang cukup ternyata memiliki efek yang positif bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin c yang disebutkan antara lain adalah;

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas atau kekebalan tubuh merupakan salah satu yang mendasari orang untuk mengkonsumsi vitamin c. Hal ini memang benar adanya dan sudah dibuktikan secara ilmiah oleh banyak pakar di dunia. Vitamin c yang dikonsumsi berperan aktif dalam produksi sel darah putih. Dimana sel-sel ini bertugas untuk melindung tubuh dari infeksi kuman penyebab penyakit. Selain itu vitamin c juga bisa melindungi sel darah putih dari resiko kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mencegah Penyakit Kronis

Vitamin c mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Sehingga vitamin c juga biasa digunakan untuk mencegah bahkan melawan serangan penyakit-penyakit kronis. Perlu diketahui bahwa antioksidan adalah molekul yang ada dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Jadi vitamin c yang dikonsumsi akan melindung sel dari molekul berbahaya (radikal bebas), kemudian akan meningkatkan kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh hingga 30%. Dengan meningkatnya kadar antioksidan ini, maka tubuh akan memiliki sistem pertahanan ketika terjadi peradangan. Sehingga kemungkinan sel-sel ganas (tumor) untuk berkembang menjadi semakin berkurang.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin c dalam jumlah yang cukup juga dapat mengurangi kerusakan organ tubuh akibat efek samping pengobatan kanker dengan cara kemoterapi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat luar biasa lainnya yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi vitamin c adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan vitamin c dapat membantu memproduksi kolagen, dimana kolagen punya peran penting memperkuat struktur pembuluh darah serta otot-otot jantung. Dengan kondisi yang demikian, maka dapat meminimalisir terjadi serangan jantung.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin c juga memiliki kontribusi penting dalam memproduksi kolagen. Dimana kolagen berperan dalam mempercepat penyembuhan luka dan menghindari infeksi. Kolagen akan membentuk jaringan otot, tendon, kulit, ligamen, kornea, tulang, usus serta pembuluh darah. Sehingga saat tubuh mengalami luka, maka akan lebih cepat penyembuhannya.

5. Memutihkan atau Mencerahkan Kulit

Dalam urusan kecantikan, vitamin c juga sangat bisa diandalkan untuk memutihkan sekaligus mencerahkan kulit. Bahkan beberapa produk kecantikan juga menggunakan vitamin c sebagai ingredients untuk produknya. Nah, salah satu cara yang paling cepat untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah adalah dengan melakukan suntik vitamin c. Eitts… namun vitamin c yang disuntik ini tidak sama dengan suplemen yang di konsumsi ya. Vitamin c yang disuntuk tentunya sudah di ekstrak sedemikian rupa sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan memiliki efek yang cepat.

Leave a reply "5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan"