Aktivitas Fisik dan Obesitas Pada Anak

No comment 2936 views

Aktivitas Fisik dan Obesitas Pada Anak Banyak ahli yang menyatakan bahwa aktivitas fisik pada anak terutama yang dilakukan diluar ruangan sangat baik untuk pertumbuhan anak. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh lingkungan sekitar dan alam untuk kebaikan tumbuh kembang anak. Selain menawarkan banyak hal baru yang dapat dieksplorasi, alam juga membuat anak mampu mengembangkan kemampuan imaginasinya lebih baik dari mereka yang hanya beraktivitas di dalam rumah. Namun manfaat yang paling penting dari melakukan kegiatan di luar rumah adalah anak menjadi aktif secara fisik dan merangsang fungsi motorik.Dari segi kesehatan, hal ini bermanfaat untuk mencegah anak mengalami obesitas.

Saat ini semakin banyak kita temukan anak kecil yang sudah mengalami obesitas yang mengganggu pertumbuhan anak menjadi sehat. Hal ini terjadi karena asupan makan anak berlangsung terus-menerus tanpa dibarengi dengan aktivitas fisik untuk proses pembakaran energi. Akibatnya karbohidrat dan lemak yang masuk melalui makanan tidak bisa diubah menjadi energi dan akhirnya disimpan di dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan anak menjadi gemuk.

Obesitas pada anak dapat berakibat buruk pada proses tumbuh kembang anak karena apabila dibiarkan dapat mengarah pada penyakit degeneratif kelak saat ia dewasa. Penyakit yang dapat muncul diakibatkan oleh obesitas antara lain penyakit jantung dan pembuluh darah, kolesterol tinggi, diabetes, dll.

Dengan membiasakan anak untuk aktif bergerak dan menyukai kegiatan di luar rungan sejak kecil, maka seterusnya anak akan aktif melakukan kegiatan di luar ruangan sehingga tubuhnya akan selalu membutuhkan energi untuk mengakomodasi aktivitasnya. Sehingga, karbohidrat dan lemak yang masuk dari makanan akan diubah oleh tubuh melalui proses metabolisme menjadi energi. Tentunya, anak dapat melanjutkan mengonsumsi makanan yang dia sukai tanpa harus khawatir mengalami obesitas selama asupan makanan dan aktivitas fisik yang dia lakukan seimbang.

Pada anak kecil, bermain di luar ruangan memiliki efek yang sama dengan olahraga. Apalagi jika permainan yang disukai anak-anak seperti bermain bola atau lompat tali. Maka sejak kecil otot dan tulang anak sudah dilatih untuk tumbuh kuat sehingga anak akan menjadi pribadi yang sehat dan terbebas dari masalah obesitas dan penyakit yang mengancam.

Leave a reply "Aktivitas Fisik dan Obesitas Pada Anak"