Apa Saja Penyebab Sakit pada Tulang Belakang?

No comment 233 views

Sakit pada Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan salah satu organ tubuh yang berperan untuk menegakkan tubuh sehingga tubuh dapat berdiri dan bergerak ke segala arah. Bagian tubuh ini termasuk bagian tubuh yang paling banyak menanggung beban sehingga paling sering mengalami masalah, salah satunya adalah sakit pada tulang belakang kita.

Rasa sakit dibagian tulang belakang ini hampir pernah terjadi pada setiap orang, baik tua maupun muda. Namun intensitas nyeri yang dialami tidak semuanya sama. Ada yang masih dalam tahapan normal, namun tak jarang ada yang sudah sangat kronis hingga menyebabkan tubuh sulit untuk digerakkan lagi. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab seseorang mengalami sakit di bagian tulang belakang;

1. Otot yang tegang

Permasalahan tulang belakang yang pertama ini memang paling sering terjadi di usia muda. Otot yang terlalu tegang dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat bergerak. Hal ini mungkin saja terjadi akibat terlalu banyaknya pergerakan tubuh, seperti saat mengangkat benda berat, olahraga yang berlebih, serta pergerakan yang secara mendadak sehingga membuat otot dibagian tulang belakang menjadi ‘kejepit’ bahkan mengalami robekan kecil yang kemudian menimbulka rasa sakit di bagian tulang belakang.

Namun tak hanya itu saja, saat otot menjadi tegang, akan timbul permasalahan lain seperti sulitnya untuk berdiri tegak tanpa rasa nyeri, kaku pada area tulang belakang, serta nyeri saat ditekan. Kondisi ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, apabila tubuh beristirahat. Akan tetapi lebih baik lagi jika tubuh (tulang belakang) di kusuk, maka dengan begitu otot-otot akan kembali rileks dan perlahan nyeri akan hilang.

2. Penyakit Diskus Degeneratif

Jika rasa sakit sudah sampai tahap ini, maka Anda sudah perlu untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Penyakit diskus degeratif merupakan salah satu permasalahan tulang yang paling sering terjadi di usia tua. Posisi tulang belakang seharusnya saling mengikat satu dengan lainnya, namun tat kala seseorang mengalami penyakit ini, sebagian ruas tulang tidak lagi saling mengikat, sehingga fungsinya menjadi tidak baik lagi. Alhasil akan timbul rasa nyeri yang hebat yang dapat membuat duduk menjadi tidak nyaman, ataupun sulit untuk berdiri tanpa disertai rasa nyeri. Biasanya hal ini terjadi lantaran tubuh pernah mengalami cedera ataupun karena faktor genetik.

3. Spondilolistesis

Spondilolistesis paling sering terjadi di usia muda. Hal ini bisa dialami seseorang apabila pernah mengalami trauma atau cedera pada tulang belakang, namun tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Kondisi ini merupakan kondisi dimana ruas tulang belakang bergeser dan tempat seharusnya. Akibat pergeseran ini, jaringan/saraf yang berada di sekitar tulang belakang cedera. Nah, jika sudah seperti itu, maka akan timbul rasa sakit yang hebat di sekitar tulang belakang hingga ke pangkal leher.

Rasa sakit ini juga akan mempengaruhi aktifitas sehari-sehari, bahkan untuk sekedar berbaring saja akan terasa sangat sakit. Jadi bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya berhati-hatilah dan segera berobat ke spesialis ortopedi, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a reply "Apa Saja Penyebab Sakit pada Tulang Belakang?"