Aturan Menggunakan Shampoo untuk Mengatasi Rambut Kering

No comment 612 views
Shampoo untuk Rambut Kering

 

Rambut merupakan anggota tubuh yang semestinya mendapatkan perawatan agar tetap terjaga keindahannya. Kurangnya perawatan rambut dapat menimbulkan berbagai masalah, yang salah satunya adalah rambut kering. Sama halnya dengan kulit, perawatan rambut juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk khusus berupa shampoo untuk rambut kering. Dimana dengan formulasi yang tepat, dapat memperbaiki struktur alami rambut hingga memperbaiki segala kerusakan rambut.

Nah, sebelum membahas lebih jauh, berikut aturan penggunaan shampoo untuk mengatasi rambut kering yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih bahan yang tepat

Aturan pertama sebelum Anda menggunakan shampoo untuk perawatan rambut kering adalah dengan memilih bahan shampoo yang tepat. Meskipun banyak shampoo untuk rambut kering yang beredar dipasaran, namun ternyata tidak semua shampoo mengandung bahan yang cocok yang digunakan untuk setiap orang. Sebaiknya, pilihlah shampoo yang menggunakan bahan yang mengandung ekstrak buah pisang, atau shea butter, minyak zaitun, minyak argan, dan minyak kelapa. Bahan-bahan ini memang dipercaya sangat ampuh untuk membuat rambut kering menjadi lembab dan efektif mengembalikan kemilau rambut. Bahkan manfaat alaminya ini, telah dirasakan sejak lama oleh orang tua kita di zaman dahulu.

2.  Hindari bahan yang memicu rambut semakin kering

Salah satu masalah yang sering ditimbulkan akibat penggunaan shampoo adalah saat rambut menjadi semakin kering bahkan hingga rontok. Untuk yang satu ini sebenarnya kurang tepat jika kita menyebutkan bahwa penyebabnya adalah karena shampoo yang kita gunakan. Padahal masalah ini lebih dikarenakan kandungan bahan kimia yang ada pada produk shampoo tersebut. Bahan-bahan seperti silikon dan alkohol memang bukan ditujukan untuk mengatasi masalah rambut kering. Penggunannya pada produk perawatan rambut justru dapat memperburuk keadaan. Akibat yang ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan ini adalah rambut akan mengalami ‘dehidrasi’  sehingga minyak alami pada kulit kepala dan rambut menjadi kering. Maka dari itu pilihlah shampoo yang mengandung bahan-bahan alami. Karena bahan-bahan alami dapat menjaga dan mengebalikan kesehatan rambut serta melembabkannya.

3. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Untuk menjaga kelembapan rambut, Anda tidak perlu mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut yang terlalu sering dapat menyebakan minyak alami pada bagian kulit kepala dan rambut dapat terkikis dan akhirnya menghilang. Dan jika minyak alami ini hilang, maka rambut akan menjadi semakin kering dan mudah patah. Maka dari itu, mencuci rambut dengan shampoo cukup dilakukan sebanyak 2-3 hari sekali. Dengan begitu, minyak alami pada rambut akan tetap terjaga.

4. Gunakan masker rambut

Perawatan rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari bahan alami. Sebaiknya penggunakan masker rambut dilakukan usai Anda keramas, dengan rentang sebanyak 1-2 kali setiap minggunya. Jangan me-masker rambut terlalu sering, karena juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Anda bisa menggunakan produk jadi atau membuat sendiri masker rambutnya dengan menggunakan bahan alami. Cukup oleskan secara merata mulai dari pangkal rambut hingga ujung-ujung rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, lalu bilas dengan air.

5. Potong ujung rambut

Masalah rambut kering biasanya juga akan disertai dengan rambut pecah dan bercabang. Jika ini sedang terjadi pada Anda, maka salah selain dengan menggunakan shampoo khusus Anda juga meski rajin untuk memotong ujung-ujung rambut. Rambut kering dan pecah tentu dapat mengganggu penampilan. Maka dari itu, lakukan perawatan yang rutin agar keindahan rambut Anda tetap terjaga.

Leave a reply "Aturan Menggunakan Shampoo untuk Mengatasi Rambut Kering"