Benarkah Import Barang Dari China Itu Menguntungkan?

No comment 111 views

import barang dari China

Perkembangan bisnis online memang tidak lepas dari yang namanya kegiatan import barang. Yah, import barang merupakan salah satu cara untuk tetap eksis dalam berbisnis serta mampu memberikan banyak ‘cuan’. Nah, barang-barang yang di import biasanya barang-barang yang unik dan memiliki selisih harga yang tinggi saat di jual kembali. Sebut saja barang yang berasal dari China. Bukan rahasia lagi jika barang-barang China itu jauh lebih murah di banding dari negara lainnya. Dengan produk yang sejenis, barang dari China bahkan bisa jauh lebih murah hingga 400% bila import dari negara lain. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ketika melakukan pembelian dari China, suplier pun tidak segan-segan memberikan harga ‘kulakan’ yang jauh lebih murah. Dan itu pun belum termasuk pemberian subsidi ongkir, yang tentunya akan menghemat biaya import. Tentu yang demikian dapat menjadi alasan mengapa import barang dari China sangat-sangat menguntungkan.

Cara Jitu Menjalani Bisnis Import Barang dari China

Bergelut pada bisnis import barang memang tidak semudah mengedipkan mata. Apalagi jika Anda baru pertama kali menjalin bisnis dengan China. Ada banyak hal yang sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu sebelum akhirnya terjun di bidang import barang secara langsung. Dengan terus belajar cara import barang dari China, Anda akan lebih mudah mendapatkan suplier yang mau memberikan barang yang Anda butuhkan dengan harga yang sangat miring. Nah, untuk sampai ke tahap itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan, diantaranya adalah:

  1. Riset Produk dan Pasar

Hal mendasar yang harus Anda lakukan sebelum mengimport barang dari China adalah memastikan bahwa barang yang akan Anda import nantinya benar-benar dibutuhkan/diinginkan oleh orang-orang di Indonesia. Jangan asal mengimport barang sementara barang tersebut tidak memiliki pasarnya. Dengan begitu Anda bisa menekan resiko kerugiaan akibat barang tidak laku terjual.

Selain itu pastikan pula bahwa barang yang diimport memiliki harga jual yang bersaing. Jangan sampai harga jual barang nantinya justru jauh lebih tinggi dari pasaran. Dengan begitu Anda dapat merebut pasar yang sudah ada.

  1. Lakukan Riset Harga

Harga tentu harus menjadi pertimbangan Anda selanjutnya. Jangan sampai barang yang Anda import justru nantinya menjadi lebih mahal dari barang sejenis yang dijual oleh suplier lokal. Hal ini tentu akan sangat berkaitan pada penjualan Anda. Semakin rendah modal Anda, maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda peroleh.

  1. Pahami prosedur Import barang dari China

Setiap negara memiliki prosedur tersendiri saat adanya permintaan import barang. Nah, sebagai pebisnis, Anda harus memahami segala prosedur import yang berlaku, baik dari negara asal maupun dari dalam negeri.

Jika Anda tidak paham dengan prosedur import barang tersebut, alih-alih Anda mendapatkan keuntungan, yang ada justru barang yang Anda import akan tertahan di kepabeaan. Hal yang seperti ini pastinya akan sangat beresiko bagi bisnis Anda. Sebagai solusinya, bagi Anda yang belum cukup paham prosedur import barang, baiknya gunakan saja jasa import barang yang terpercaya. Lewat perusahaan jasa import barang dari China atau negara lainnya, proses import barang bisa jauh lebih mudah dan aman. Dan Anda pun bisa lebih tenang dalam menjalankan bisnis tanpa perlu memikirkan prosedur import yang kadang berbelit-belit.

Leave a reply "Benarkah Import Barang Dari China Itu Menguntungkan?"