Cara Menghilangkan Semir Rambut dengan Efektif

Rambut merupakan mahkota kebanggaan wanita yang paling sering mendapatkan perawatan. Salah satu yang biasa dilakukan adalah menyemir rambut. Memberikan warna pada rambut dapat dilakukan secara berkala, terutama bila ingin menjaga warna rambut tetap dalam kondisi yang sempurna. Namun terkadang, ada saja muncul keinginan untuk mengembalikan warna rambut seperti semula. Sebenarnya hal ini bisa saja dilakukan di salon. Namun di masa pandemi sekarang ini, mungkin Anda ingin melakukannya sendiri di rumah. Nah, jika sudah begini maka diperlukan cara efektif menghilangkan semir rambut tanpa harus datang ke salon. Dan berikut adalah hal yang bisa dilakukan;

Cara Efektif Menghilangkan Semir Rambut

1. Campuran baking soda dengan shampo antiketombe

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pewarna rambut adalah dengan mencampurkan baking soda dengan shampo antiketombe.

Baking soda memang sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Bahkan sejumlah merek menggunakan bahan dapur ini sebagai komposisinya. Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan dan menghilangkan pewarna rambut. Dan untuk hasil yang lebih baik, baking soda perlu dicampurkan dengan shampo antiketombe.

Untuk membuat campurannya juga tidak sulit, Anda hanya perlu mempersiapkan baking soda dan shampo dengan perbandingan 1:1.  Kemudian aduk hingga bercampur rata. Kemudian aplikasikan pada rambut, mulai dari pangkal hingga ujung-ujung rambut. Diamkan hingga beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Perlu di ingat cara ini tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus melakukannya berulang selama beberapa hari. Dengan begitu semir rambut akan memudar dan memunculkan warna asli rambut Anda.

2. Menggunakan pasta dari tablet vitamin C

Selanjutnya, untuk menghilangkan semir rambut bisa menggunakan pasta vitamin C. Vitamin C di pilih lantaran termasuk ke dalam bahan yang paling aman, karena tidak menimbulkan abrasif terhadap rambut yang sudah diwarnai. Dan vitamin C juga disinyalir lebih cepat dalam menghilangkan semir rambut, karena sifatnya yang mampu melonggarkan ikatan molekul pada zat pewarna rambut.

Nah, untuk membuat pasta vitamin C, Anda membutuhkan tablet vitamin C dan air panas. Caranya, rendam 1 tablet vitamin C dalam 50 ml air panas, kemudian tunggu hingga membentuk pasta. Selanjutnya tinggal aplikasikan seperti Anda menggunakan masker rambut. Jika sudah diolesi merata, maka bungkus dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam, dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.

3. Menggunakan minyak zaitun

Selain untuk menyehatkan rambut, ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan semir rambut. Namun sebelumnya menggunakannya, ada beberapa hal yang meski Anda perhatikan. Pertama adalah membilas rambut dengan air hangat selama mungkin. Penggunaan air panas dapat memisahkan ikatan pewarna rambut. Kedua sebelum digunakan, minyak zaitun harus dihangatkan terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya Anda bisa memanfaatkan microwave ataupun dengan menggunakan kukusan.

Jika sudah hangat, langsung saja oleskan minyak zaitun pada rambut yang basah tadi secara merata. Lalu gunakan shower cap untuk menutupkan. Jika sudah kurang lebih 30 menit, bilas kembali rambut dengan air hangat, membersihkan sisa minyak zaitun yang menempel di rambut.

4. Gunakan cuka putih dan air

Terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan semir rambut adalah dengan menggunakan cuka putih yang dicampur dengan air. Cuka putih sangat direkomendasikan untuk menghilangkan semir rambut. Bahan ini tidak merusak kulit kepala dan rambut. Aplikasinya juga sangat mudah, cuka putih yang telah dicampurkan dengan air, dioleskan merata dari pangkal hingga ujung rambut. Selanjutnya diamkan selama 15-20 menit dengan di tutup pakai shower cap. Lalu setelahnya tinggal bilas dengan air.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Semir Rambut dengan Efektif"