Cara Memperoleh Work Permit Indonesia Bagi Pekerja Asing

No comment 281 views

Work Permit Indonesia

Agar dapat bekerja secara lega di Indonesia maka seorang warga asing membutuhkan keberadaan izin kerja atau work permit Indonesia. Tanpa memiliki izin kerja yang sah dari pemerintah Indonesia maka seorang warga asing akan memperoleh denda sebesar Rp500.000 dan kemungkinan akan dipenjara selama kurang lebih 5 tahun.

Tidak hanya itu saja, anda pun juga tidak bisa melakukan klaim terhadap hak-hak pentingmu sebagai seorang pekerja di Indonesia. Adapun untuk memperoleh work permit ini, anda harus menyediakan IMTA dan KITAS terlebih dahulu agar dapat bekerja dengan aman dan legal di Indonesia.

Masa berlaku work permit Indonesia

sama seperti dengan izin-izin birokrasi di Indonesia, work permit ini pun juga memiliki masa berlaku yakni satu hingga 12 bulan. Biasanya juga akan tergantung dengan industri yang akan memperkerjakan seorang TKA tersebut. Berikut ini beberapa jenis work permit di Indonesia dan masa berlakunya yang wajib untuk anda ketahui.

  1. Izin kerja mendesak

Ini merupakan izin kerja dimana mempunyai masa berlau sekitar 1 bulan dan dikeluarga untuk pekerjaan mendesak atau yang dilakukan dengan segera. Selain itu, juga untuk menghindari adanya konsekuensi terhadap perusahaan sponsor maupun masyarakat.

  1. Izin kerja sementara

Sedangkan izin kerja sementara merupakan izin kerja yang memiliki masa berlaku 2 hingga 6 bulan. Izin kerja ini berlaku baik para orang asing yang bekerja didalam industri perdagangan, konsultan dan jasa. Izin ini juga bekerja bagi para TKA yang bekerja di sektor perawatan atau maintenance maupun pemasangan mesin.

  1. Izin kerja jangka panjang

Ini juga dikenal dengan izin kerja normal dimana izin ini dapat digunakan untuk bekerja di Indonesia selama 7 hingga 12 bulan bagi seorang warga asing dimana berada di level management tinggi seperti seorang manajer, direktur hingga komisaris.

Persyaratan usia izin kerja

Hal yang harus diketahui dalam pembuatan work permit Indonesia adalah persyaratan usia dimana berapapun usia TKA mereka dapat bekerja asalkan memiliki pengalaman kerja setidaknya selama 5 tahun. Tetapi hal ini berbeda bagi para pekerja seni dan pekerja asing dimana memiliki posisi pekerjaan yang mendesak sementara.

Sebagai contohnya, seorang warga asing yang bekerja di Indonesia pada industri minyak dan gas, mereka harus memiliki usia sekitar 30-55 tahun. Hal ini pun ternyata suda diatur didalam peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral no 31 2013.

Walaupun demikian, pembatasan usia ternyata tidak berlaku pada posisi yang berada di tingkat tinggi didalam perusahaan seperti seorang direktur hingga posisi komisaris. Selain itu, spesifikasi umur juga tidak akan berlaku apabila anda memiliki keahlian yang sangat spesifik.

Posisi yang dapat diperoleh para TKA agar dapat bekerja di Indonesia

Terdapat beberapa posisi pekerjaan dimana dapat ditempati oleh para warga asing yang ingin bekerja di perusahaan Indonesia. Adapun posisi tersebut ada di sektor-sektor berikut

  1. Departemen hukum
  2. Departemen sumber daya manusia
  3. Manajemen rantai pasokan
  4. Pemeriksaan dan control kualitas
  5. Urusan kesehatan, keamanan dan lingkungan

Untuk memperoleh dokumen yang satu ini memang akan membutuhkan proses yang panjang seperti perusahaan sponsor anda harus menerima persetujuan RPTKA terlebih dahulu, mendapatkan IMTA atau para kerja dari Indonesia dan lain sebagainya.

Tentu saja ini akan memakan waktu yang banyak bukan? untuk itulah, agar dokumen ini dapat didapatkan dengan benar, maka anda dapat memperoleh work permit Indonesia melalui permitindo.com.

Leave a reply "Cara Memperoleh Work Permit Indonesia Bagi Pekerja Asing"