Cara Menghilangkan Lalat di Rumah

No comment 621 views
Cara Menghilangkan Lalat

 

Cara menghilangkan lalat di rumah memang bukan perkara mudah. Karena serangga kecil ini, bisa masuk ke dalam rumah melalui cepat sempit yang ada pada pintu maupun jendela. Melihat lalat beterbangan ke sana ke sini dan hinggap di makanan, memang bukanlah pemandangan yang menyenangkan. Kita yang melihatnya saja akan merasa kesal dan spontan untuk mengusir ataupun menangkapnya. Namun apa daya, walaupun sudah di usir berkali-kali, terkadang lalat akan kembali lagi masuk ke dalam rumah.

Pada dasarnya lalat merupakan hama yang memang perlu di basmi. Serangga kecil ini sangat suka hinggap pada tempat-tempat yang kotor dan menjijikkan, seperti tempat sampah atau bangkai hewan dan tumbuhan. Bila lalat sampai hinggap dan menyentuh makanan yang ada di rumah, maka bakteri yang tadinya menempel pada lalat, akan berpindah pada makanan yang dihinggapinya. Bila makanan tersebut kemudian Anda makan, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan khususnya yang berkaitan pada pencernaan. Nah, untuk mengusir lalat dari rumah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Membersihkan Lingkungan Rumah

Hal yang paling mendasar yang harus dilakukan untuk mengusir lalat dari rumah adalah dengan membuat lingkungan rumah menjadi bersih dan harum. Seperti yang sudah di bahas di awal, bahwa lalat itu sangat menyukai tempat-tempat yang kotor dan bau. Nah, jika rumah Anda kotor dan bau, maka lalat akan sangat senang untuk mendiami rumah Anda.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu menerapkan pola hidup bersih, dengan rutin membersihkan rumah dan menambahkan pewangi ruangan. Kondisi rumah yang bersih dan wangi, akan membuat lalat enggan memasuki rumah Anda. Selain itu, jangan pernah menyimpan tempat sampah di dalam ruangan (dapur). Karena aroma busuk dari sampah, akan mengundang lalat masuk ke rumah Anda.

2. Menggunakan Minyak Sereh

Menggunakan wangi-wangian dari bahan alami memang cukup ampuh untuk mengusir lalat dari rumah. Sereh merupakan salah satu wangi-wangian yang tidak di sukai oleh lalat. Anda bisa menggunakan minyak sereh dan menyemprotkannya pada sisi-sisi rumah yang sering dikunjungi oleh lalat. Biasanya orang banyak menggunakan semprotan minyak sereh pada jalan masuk lalat seperti sisi pintu dan jendela. Dengan mencium aroma minyak sereh yang khas, lalat tidak akan berani masuk ke dalam rumah Anda.

3. Menggunakan Kapur Barus

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir lalat ataupun mencegahnya masuk ke rumah adalah dengan menamburkan kapur barus. Kapur barus akan menyublim dan melepaskan gas dengan aroma yang menyengat. Aroma kapur barus ini akan sangat dibenci oleh lalat maupun serangga perusak lainnya seperti nge-ngat, kecoa, nyamuk dan sebagainya. Cara menggunakannya juga tidak sulit, beberapa buah kapur barus utuh ditempatkan pada tempat-tempat yang menjadi pintu masuk lalat ke dalam rumah. Biasanya jendela dan sisi-sisi pintu menjadi fokus utama untuk menempatkan kapur barus. Jika sudah begitu, lalat-lalat tidak akan mau masuk ke dalam rumah Anda.

4. Memakai semprotan serangga

Jika semua cara sudah Anda lakukan, namun lalat belum mau juga meninggalkan rumah Anda. Maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan semprotan serangga. Cara ini memang bukan cara yang cukup aman dilakukan. Namun cara ini yang paling ampuh, bila cara-cara alami sudah tidak mempan lagi. Namun pastikan sebelum Anda menggunakan, segala sesuatunya sudah dalam kondisi aman. Misalnya menutup makanan dengan rapat ataupun dalam kondisi ruangan yang kosong dari orang-orang.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Lalat di Rumah"