Cara Menghitung Kalori Harian yang Tepat

No comment 112 views

Makanan yang kita makan setiap hari tidak semuanya memiliki kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Terkadang kalori yang kita makan, tidak memenuhi standar kebutuhan kalori harian kita, dan seringkali justru jumlahnya jauh diatas kebutuhan kalori harian. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi kesehatan. Kalori yang dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari hipertensi, penyakit jantung, hingga yang paling serius yakni dapat menyebabkan stroke. Begitu pula bagi yang tengah menjalani program diet, jumlah kalori yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada keberhasilan diet yang dilakukan.

Cara Menghitung Kalori Harian

Nah, bagi Anda yang sangat peduli akan kesehatan, berikut ini adalah cara menghitung kalori harian yang perlu kamu ketahui;

1. Mengukur Porsi Makanan

Menjaga porsi makanan memang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan porsi kalori yang sesuai dengan tubuh kita. Hal ini bisa kamu logikan ketika memakan sebuah kue kering yang berbahan dasar tepung beras atau semacamnya. Kalori dalam 1 toples kue kering tentu tidak akan sama dengan kalori pada 1 buah kue kering. Begitu pula pada nasi yang kamu makan! Jika kamu mengkonsumsi nasi sebanyak 1 piring, maka jumlah kalorinya akan jauh lebih besar ketimbang hanya mengkonsumsi ½ piring saja.

Selain itu, mengukur porsi makanan juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti timbangan makanan dan gelas pengukur. Jadi pastikan alat-alat ini selalu tersedia di rumah kamu, Ya!

2. Bumbu Makanan Harus Dihitung

Jangan kira hanya bahan dasar makanan saja yang mengandung kalori. Bumbu makanan pun juga ternyata memiliki nilai kalorinya tersendiri, loh! Ini juga harus kamu hitung untuk mendapatkan porsi kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu. Bumbu makanan seperti mayones ternyata memiliki nilai kalori yang tinggi. Dalam 100 gram mayones, terdapat 679 kalori. Maka dari itu, yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi porsi bumbu ataupun mengganti dengan bumbu lain yang lebih rendah kalori.

3. Manfaatkan Aplikasi di Hp

Jika kamu rasa menghitung kalori secara manual sangat merepotkan, kamu juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu menghitungkannya. Kamu cukup menggunakan aplikasi diet (penghitung kalori) di hp kamu. Nantinya kamu hanya perlu memasukkan nama bahan makanan apa saja yang akan kamu konsumsi, lalu setelahnya aplikasi akan menghitung berapa kalori bahan makanan tersebut dan akan memberikan notif berapa kebutuhan kalori maksimal harian kamu.

Leave a reply "Cara Menghitung Kalori Harian yang Tepat"