Lebih Praktis! Begini Cara Menyusun Catatan Keuangan untuk UMKM

Buku Catatan Laporan Keuangan

Laporan keuangan penting sekali untuk para pelaku bisnis supaya usaha yang dijalankan semakin berkembang besar. Bisnis apapun yang dijalankan pastinya ingin berjalan lancar dan bisa memperoleh keuntungan. Tapi Anda perlu melakukan banyak hal untuk mencapainya, salah satunya menerapkan manajemen keuangan dengan baik. Segala macam perencanaan dalam bisnis harus dilakukan secara matang, jika Anda salah perhitungan maka kondisi keuangan usaha dapat memburuk di kemudian hari.

Sayangnya masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami hal ini sehingga bisnisnya terhambat. Laporan ini sangatlah dibutuhkan untuk mengukur kinerja bisnis Anda dan target yang telah tercapai. Lalu, bagaimana cara membuat catatan keuangan yang benar dan tepat? Nah, untuk lebih jelasnya simak beberapa langkah membuat laporan keuangan yang benar.

Catat Transaksi pada Jurnal Umum

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyusun catatan keuangan bisnis yang tepat yaitu dengan mengumpulkan sekaligus mencatat transaksi pada jurnal. Sebenarnya membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda saat ini bisa dilakukan dengan mudah sekali.

Caranya, Anda bisa mengecek laporan transaksi bisnis secara harian, mingguan hingga bulanan atau berdasarkan periode yang telah dipilih. Kemudian catatlah setiap transaksi yang dilakukan tersebut dalam jurnal secara terperinci. Tujuannya yaitu untuk mempermudah Anda dalam membacanya di kemudian hari.

Membuat Jurnal Penyesuaian

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam membuat laporan keuangan yaitu dengan membuat jurnal penyesuainnya. Tujuan dari membuat jurnal penyesuaian ini akan kelihatan jika mungkin ada beberapa transaksi yang belum tercatat atau transaksi terjadi di akhir saat tahap pembuatan laporan. Dengan membuat jurnal penyesuaian tersebut dapat mengantisipasi adanya transaksi yang tidak tercatat dalam satu periode pencatatan.

Membuat Laporan Keuangan

Langkah berikutnya yaitu membuat laporan keuangan. Laporan yang telah disusun sebelumnya hanya perlu ditulis secara rapi sesuai ketentuan dan standar. Perlu diketahui, informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut sangat penting karena menjadi cerminan kinerja perusahaan. Selain itu, laporan keuangan juga bisa dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Beberapa laporan sederhana yang harus dimiliki oleh pelaku usaha UMKM yaitu buku arus kas, buku persediaan barang, buku pembelian, penjualan dan lain sebagainya

Sekarang laporan keuangan untuk usaha dapat disusun dengan mudah menggunakan aplikasi Bukukas. Dengan bantuan aplikasi ini Anda bisa membuat buku catatan menjadi lebih praktis dan aman. Tidak perlu lagi membuat pembukuan keuangan yang terpisah-pisah, semisal buku penjualan sendiri, buku kas sendiri, buku hutang piutang sendiri dan lain-lain. Semuanya itu dapat terintegrasi dalam satu aplikasi yang bisa Anda akses dimana pun dan kapan pun.

Anda banyak sekali fitur yang ditawarkan sehingga semua pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, seperti membagikan laporan kepada rekan kerja. Anda juga dapat memonitor usaha secara harian, mingguan atau bahkan bulanan. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang Bukukas bisa langsung cek di https://www.bukukas.co.id.

Leave a reply "Lebih Praktis! Begini Cara Menyusun Catatan Keuangan untuk UMKM"