Keutamaan Infaq bagi yang Memberi

No comment 34 views

Infaq dalam agama islam berarti memberikan sejumlah materi yang dimiliki seseorang kepada lembaga penyalur infaq ataupun secara perorangan untuk kemaslahatan umat. Infaq biasanya selalu disandingkan dengan sedekah, hal ini karena kedua-keduanya memiliki makna yang hampir sama. Bedanya hanya pada sedekah saja, yang tidak terbatas pada materi saja, namun juga bisa diberikan secara non-materi (immaterial).

infaq

Lebih jelasnya mengenai infaq, berikut adalah keutamaan infaq yang bisa diperoleh;

1. Mensucikan Harta

Perlu kita ketahui bahwa di dalam harta yang kita miliki ada HAK-nya orang lain. Sehingga dengan kata lain, harta kita bukanlah seutuhnya milik kita. Ada hak-hak yang harus kita keluarkan sehingga harta yang kita miliki menjadi suci. Satu-satunya cara untuk mensucikan harta adalah dengan berinfaq. Kamu bisa menyerahkan infaq secara langsung pada orang-orang yang berhak mendapatkannya atau melalui lembaga-lembaga yang menangani kemaslahan umat, sehingga dapat sampai pada orang yang tepat.

2. Menambah Rezeki

Anda juga harus tau, bahwa infaq yang anda berikan tidak akan mengurangi harta yang Anda miliki. Justru setiap infaq yang Anda berikan akan menambah rezeki Anda dan Allah, Swt akan menjaga harta yang Anda miliki. Hal ini sudah ditetapkan dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 261. Dimana dalam ayat tersebut disebutan bahwa orang yang berinfaq selayaknya orang menanam sebutir biji dan dia akan memanen tujuh kali lipat dari yang ditanamnya. Maka dari itu, sudah jelas bahwa infaq ataupun sedekah yang Anda berikan, akan menambah rezeki Anda.

3. Terlindung dari Musibah

Keutamaan lainnya saat Anda berinfaq adalah dapat menjadi penolak bala (musibah). Ini tertuang dalam hadist Nabi dimana Nabi menyebutkan bahwa satu-satunya amalan yang dapat menolak musibah adalah infaq dan sedekah. Jadi saat Anda memberikan infaq ataupun sedekah, orang lain pun akan turut mendoakan Anda agar terhindar dari segala bentuk musibah. Nah, maka dari itu, mulai sekarang perbanyaklah berinfaq. Semakin banyak infaq yang Anda berikan, maka akan semakin banyak orang yang mendoakan Anda.

Leave a reply "Keutamaan Infaq bagi yang Memberi"