Lancar Persalinan dengan Senam

2 comments 2696 views

Senam Hamil untuk Melancarkan Persalinan Meskipun kehamilan bagi banyak wanita merupakan momen yang paling ditunggu setelah pernikahan, ternyata banyak pula wanita yang merasa was-was terhadap kehamilan yang sedang ia jalani terlebih setelah usia kehamilan yang memasuki bulan-bulan terakhir. Banyak wanita yang khawatir mengenai proses persalinan yang harus dijalani. Mereka takut akan menghadapi proses persalinan yang sulit dengan rasa sakit yang berkepanjangan. Namun, ibu hamil bisa memilih jenis persalinan yang membuat mereka merasa lebih rileks sehingga proses persalinan pun menjadi lebih lancar. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan senam hamil yang akan sangat membantu memperlancar proses persalinan.

Pengertian

Senam tentu bukan hal yang asing bagi banyak orang karena senam merupakan salah satu pilihan olahraga yang dianggap cukup menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama-sama dengan orang lain. Senam identik dengan gerakan yang lincah dan dinamis, tetapi senam hamil tentu mempunyai gerakan yang tidak se energik gerakan senam pada umumnya. Senam untuk ibu hamil lebih ditujukan untuk melatih kelenturan beberapa otot yang akan berhubungan langsung dengan persalinan. Selain itu, ibu hamil juga dilatih untuk mengatur pernapasan, relaksasi, fleksibilitas, dan kerja otot jantung. Senam ibu hamil bisa dilakukan setelah kandungan berusia enam bulan.

Manfaat

Senam ibu hamil ini akan sangat bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Dengan rutin melakukan senam hamil, ibu hamil bisa melatih teknik pernapasan yang bisa dipraktekkan saat proses persalinan. Otot juga menjadi lebih rileks sehingga rasa pegal berlebihan bisa dikurangi seiring bertambahnya usia kehamilan. Rasa sakit saat persalinan pun akan jauh lebih berkurang dengan rutin melakukan senam hamil.

  1. author

    Yasinta Astuti3 years ago

    Saya lagi rutin ikut senam hamil juga mbak, yang paling penting adalah sugestinya sih ya. Membantu banget

    Reply
    • author
      Author

      Velli, Md.3 years ago

      wah.. smoga persalinan nanti lancar ya mbak 🙂

      Reply

Leave a reply "Lancar Persalinan dengan Senam"