Daftar Makanan yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol

No comment 53 views

Kolesterol merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Makanan yang kita makan, sangat rentan dengan yang namanya kolesterol. Sebut saja aneka makanan yang proses pengolahannya dengan cara digoreng. Tentu saja, makanan seperti ini banyak sekali mengandung kolesterol jahat yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Nah, tidak mungkin kan, Anda membiarkan begitu saja kolesterol masuk ke dalam tubuh dan menjadi penyebab timbulnya penyakit. Anda harus mengimbanginya dengan rutin mengkonsumsi makanan baik untuk turun kolesterol. Lantas apa saja, sih! Makanan yang bisa menjadi penurun kolesterol? Berikut adalah daftar makanan selengkapnya;

makanan baik untuk turun kolesterol

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan penting yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol, karena mengandung serat yang sangat tinggi. Serat yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Karena manfaatnya ini, sebaiknya Anda yang sudah memiliki riwayat koleterol, selalu memposisikan oatmeal ke dalam menu harian Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa dibutuhkan 5-10 gram lebih serat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Itu sama halnya dengan Anda membutuhkan asupan 1,5 cangkir oatmeal atau 6 gram serat setiap harinya. Anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan bahan makanan lain seperti pisang atau buah beri. Selain rasanya akan lebih enak, serat yang dihasilkan juga akan lebih tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Bahan makanan baik untuk turun kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan. Aneka kacang-kacangan seperti almond dan kenari mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap dalam kondisi normal.

Namun dibalik khasiatnya yang bisa untuk menurunkan kolesterol, kacang-kacangan juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Maka dari itu mengkonsumsi kacang-kacangan harus dengan porsi yang tepat agar manfaat utamanya bisa Anda peroleh. Cara terbaik untuk menikmati kacang adalah dengan menambahkannya ke salad dan mengkonsumsinya sebagai cemilan. Dengan begitu kadar kolesterol jahat (HDL) akan menurun secara perlahan. Dan tubuh Anda pun akan lebih sehat karenanya.

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Salah satu penyakit yang ditimbulkan dari meningkatnya kadar kolesterol dalam darah adalah penyakit jantung. Nah, cara yang paling aman untuk menghindari penyakit ini adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran segar.

Pada dasarnya semua jenis sayur dan buah baik untuk dikonsumsi setiap hari. Namun disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, sawi dan lainnya bila ingin menurunkan kadar kolestero jahat dalam darah (HDL). Anda dapat menyajikannya sayuran ini dalam bentuk rebusan ataupun di jus. Pengolahan seperti ini dipercaya dalam menjaga nilai gizi yang terkandung didalam sayuran hijau.

Selain sayuran, buah-buahan terutama alpukat juga sangat tinggi kandungan seratnya. Serat dalam buah alpukat berguna untuk menurunkan kadar LDL. Apalagi bagi penderita obesitas, alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.  Buah ini dapat menjadi pakan alternatif pengganti lemak jenuh dan lemak trans, dimana jenis lemak ini sangat sering dijumpai pada makanan yang kita makan setiap hari. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin, maka kolesterol dalam tubuh akan senantiasa terjaga.

Itulah beberapa bahan makanan yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Bahan-bahan makanan tersebut sejatinya sangat mudah diperoleh. Hanya saja tetap konsumsi dalam porsi yang wajar, dengan begitu manfaatnya bisa di turut dirasakan.

Leave a reply "Daftar Makanan yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol"