Menganalisa Risiko Fraud Pada Skema Investasi Peer To Peer Lending

investasi dengan modal kecil

 

Sebelum berinvestasi, setiap investor tentu ingin menanamkan dana yang dimilikinya pada skema investasi yang aman dan menguntungkan. Investasi yang aman dan menguntungkan menjadi syarat mutlak agar investasi yang dijalankan dapat membuahkan hasil dan bukan berujung pada malapetaka. Salah satu malapetaka yang berusaha dihindari oleh investor adalah risiko fraud. Apa itu risiko fraud dan apakah risiko fraud bisa hadir pada skema investasi aman dan menguntungkan seperti Mekar? Berikut ini ulasannya.

Secara harfiah, fraud merupakan kondisi dimana pihak peminjam dana bukanlah pemilik identitas sebenarnya sehingga bisa dikatakan pihak peminjam merupakan korban pencurian identitas. Pencurian identitas merupakan kasus yang sangat berat karena oknum yang menyalahgunakan identitas tersebut biasanya melakukan pemalsuan informasi gaji dan kewajiban utang agar mempengaruhi kemampuan bayar mereka. Ketika oknum tersebut berhasil mencuri identitas seseorang, maka oknum tersebut bisa mengajukan proses peminjaman dengan potensi keuntungan yang menggiurkan untuk para investor.

Kasus pencurian identitas menjadi salah satu perhatian utama platform peer to peer lending saat menjalankan bisnisnya. Karena, skema investasi peer to peer lending bisa menjadi sasaran utama para oknum yang menyalahgunakan identitas untuk mendulang keuntungan. Untuk itu, Mekar berusaha mengantisipasinya dengan berbagai langkah jitu. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan bekerja sama dengan berbagai lembaga funding advisor ternama yang telah diakui kredibilitasnya. Beberapa lembaga funding advisor ini nantinya bertugas untuk menyeleksi selayak apakah calon debitur tersebut untuk mengajukan pinjaman. Proses penyeleksian dilakukan secara mendetail mulai dari memastikan data identitas sang peminjam hingga kelayakan peminjam untuk mengembalikan dana pinjaman berdasarkan prinsip 5C. Tak hanya menyeleksi berdasarkan data-data yang ada, pihak funding lending advisor juga melakukan proses survey untuk memastikan keaslian dokumen yang diserahkan secara online oleh pihak peminjam. Setelah diseleksi dan dinyatakan bahwa pihak peminjam kredibel, maka pihak Mekar akan menyetujui pinjaman yang diajukan dan sebagai Investor Anda dapat melakukan investasi dengan modal kecil melalui platform yang satu ini.

Leave a reply "Menganalisa Risiko Fraud Pada Skema Investasi Peer To Peer Lending"