Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi di Masa Kehamilan & Menyusui

Menantikan hadirnya si buah hati adalah momen yang paling dinanti oleh setiap pasangan suami-istri. Sambil menantikan kehadiran si kecil dalam ‘perut’ ibu, perlu dilakukan upaya agar momen kehamilan bisa segera terjadi.

lactamil lactasis

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Anda berdua selain dengan tidak menunda kehamilan. Salah satunya adalah, dengan rutin mengkonsumsi asupan nutrisi yang diperlukan saat masa perencanaan kehamilan. Nah, segala nutrisi ini bisa diperoleh lewat asupan makan dan minuman yang sehat, serta tinggi kandungan gizi-nya. Dan tak lupa mengkonsumsi susu lactamil lactasis yang telah diformulasikan untuk masa perencanaan, masa kehamilan hingga saat menyusui nanti.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan menyusui;

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi (kalori) penting yang harus terpenuhi di masa kehamilan ataupun pasca melahirkan. Jumlah kalori yang diperlukan oleh ibu hamil dan menyusui tentu tidak sama. Pada saat saat kehamilan, kalori yang dibutuhkan antara 2.200 kkl – 2.500 kkl. Sedangkan pada menyusui, jumlah kalori yang dibutuhkan meningkat menjadi 2.500 kkl s/d 2.700 kkl selama 6 bulan pasca melahirkan. Dan karbohidrat ini bisa diperoleh secara alami dari makanan yang berbahan dasar beras, singkong, jagung ataupun ubi.

2. Protein

Pada masa kehamilan, protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan tubuh pada janin. Kekurangan protein dapat menimbulkan berbagai masalah, mulai dari kegagalan janin hingga cacat yang disebabkan oleh jaringan tubuh yang tidak terbentuk secara sempurna. Maka dari itu, sedikitnya ibu hamil membutuhkan protein sebanyak 60 gr per hari. Kemudian dilanjut lagi di masa menyusui dengan asupan yang lebih besar, yakni 70 gr protein setiap hari. Jumlah asupan yang lebih besar di masa menyusui ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu ketika masa menyusui tiba. Nah, sumber protein alami bisa berasal dari protein hewani (teluru, susu, daging dan unggas) dan juga protein nabati (kacang-kacangan).

3. Asam folat

Asam folat juga sangat dibutuhkan di masa kehamilan. Sama dengan protein, asam folat diperlukan untuk mencegah kelainan/cacat pada saat bayi dilahirkan. Pada masa hamil, asam folat yang dibutuhkan sebanyak 400 – 600 mikrogram. Sedangkan pada saat menyusui  asam folat yang dianjurkan adalah 500 mikrogram.

Selain ketiga nutrisi diatas, zat besi, kalsium dan vitamin D, vitamin C, vitamin A serta DHA juga tidak boleh diabaikan. Karena 8 nutrisi ini wajib terpenuhi di masa kehamilan dan juga menyusui.

Leave a reply "Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi di Masa Kehamilan & Menyusui"