Penyebab Gigi Kuning dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

 

Gigi kuning merupakan masalah umum yang terjadi pada orang dewasa. Perubahan warna gigi menjadi kekuningan atau kecoklatan, dapat terjadi karena lapisan email gigi yang mulai rusak, karena faktor pola hidup yang kurang sehat atau makan dan minum yang tidak sehat. Untuk mengatasi ini, biasanya dapat dilakukan dengan cara melakukan perawatan ke dokter gigi atau ahli kecantikan. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakuan perawatan medis seperti itu, karena cara memutihkan gigi secara alami bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab gigi berubah warna menjadi kekuningan, seperti kebiasaan minum kopi atau teh, merokok, kandungan flouride yang terlalu tinggi pada pasta gigi, penipisan lapisan email gigi yang mulai berkurang mengikuti usia, hingga akibat dari terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, termasuk softdrink, permen dan sejenisnya.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena sebenarnya ada cara alami yang cukup ampuh untuk mengembalikan warna asli gigi Anda. Yang terpenting, setelahnya Anda harus menjadi pola hidup sehat Anda, agar gigi tidak kembali berubah warna. Untuk lebihnya, berikut cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida memang sudah lama di kenal sebagai bahan yang cukup ampuh untuk mengembalikan warna alami gigi. Bahkan di dunia medis, dokter gigi menggunakan hidrogen perosida sebagai bahan untuk memutihkan gigi yang cukup aman. Dan tak hanya itu saja, bahan ini juga bersifat antiseptik alami loh! Sehingga dapat menjaga kesegaran mulut dan menghilangkan bau yang tak sedap yang biasa ditimbulkan oleh aktifitas bakteri pada gigi dan dinding-dinding mulut.

Cara menggunakan hidrogen peroksida untuk bahan pemutih gigi yang alami adalah dengan melarutkannya pada air, lalu gunakan untuk berkumur seperti mouth wash. Dengan berkumur selama kurang lebih 1 menit. Dengan penggunaan yang rutin akan mengikis email gigi yang sempat rusak dan mengembalikan warna aslinya serta membunuh bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya bau mulut.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Mungkin tak banyak orang tau bahwa bahan dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Sebagai bahan dapur untuk memasak, minyak kelapa juga sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengembalikan warna gigi asli sekaligus untuk melindungi gusi dari penyakit-penyakit berbahaya.

Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai bahan pemutih gigi, bisa langsung dengan cara mengoleskannya pada bagian gigi. Ataupun dengan mencampurkan sedikit minyak kelapa pada pasta gigi. Lalu menggosoknya selama kurang lebih 5 atau 20 menit pada bagian gigi secara merata, dan setelah itu tuntaskan dengan berkumur.

Tidak perlu khawatir dengan efektif samping yang terjadi. Karena bahan alami ini sangat aman untuk mulut maupun tubuh Anda secara keseluruhan.

3. Menggunakan Cuka Apel

Bahan dapur yang memberikan rasa asam pada makanan ini ternyata juga cukup ampuh untuk memutihkan gigi secara alami. Untuk noda gigi yang sulit dibersihkan karena aktifitas merokok, dapat dengan tuntas dibersihkan dengan menggunakan cuka apel ini.

Cara menggunakannya juga relatif mudah, oleskan cuka apel pada bagian gigi yang mengalami masalah. Lalu gosok-gosokkan secara merata agar bahan alami yang terkandung didalamnya dapat bekerja maksimal dan diamankan 5 menit sebelum berkumur. Untuk hasil yang lebih baik, maka selanjutnya gosok gigi seperti biasa namun dengan pasta gigi yang tidak mengandung flouride. Lakukan hal ini setidaknya konsisten 1 bulan. Maka akan mulai tampak hasil yang menyenangkan.

Leave a reply "Penyebab Gigi Kuning dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami"