Perkenalkan Anak dengan Batik Yuk!

No comment 2951 views

Baju Batik Baju batik identik dengan nasionalisme dan simbol kebanggaan tanah air terhadap warisan budaya sendiri. Meski sudah ada anjuran untuk memakai batik sampai peresmian Hari Batik Nasional, namun kadang kita perlu memperkenalkan secara langsung tentang batik pada anak-anak kita. Maklum, bisa saja anak-anak kita tidak tahu apa saja warisan budaya tanah air yang harus dilestarikan salah satunya adalah batik.

Baju batik selama ini memang kondang dipakai dalam segala pertemuan formal baik oleh pejabat-pejabat pemerintahan. Pegawai kantoran pun mulai dianjurkan memakai batik pada sebuah hari khusus. Namun tidak hanya untuk memperoleh kesan formal dan resmi, batik pun dikenakan untuk kegiatan non-formal bahkan untuk bersantai. Sudah banyak kain batik yang diolah dalam bentuk blus, dress, tank top bahkan daster dan piyama. Ini menunjukkan bahwa batik sudah benar-benar dekat terhadap kehidupan kita sehari-hari.

Nah, untuk memperkenalkannya pada si kecil pun kita tak mesti kerepotan. Kita bisa mengajak anak ikut berkontribusi menunjukkan rasa nasionalismenya meskipun usianya masih kecil. Caranya dengan pelan-pelan memperkenalkan anak dengan ragam pakaian batik, misalnya membelikannya dress batik untuk acara formal atau melengkapi pakaian bersantainya di rumah dengan membeli kain bercorak batik. Kita juga bisa membelikannya barang bermotif batik lainnya seperti gelang, sendal, topi sampai tas lucu. Selain membuat anak menjadi tak kalah fashionable, lewat cara-cara seperti itu, sebenarnya kita sudah mulai memperkenalkan warisan budaya tanah air tersebut pada anak.

Leave a reply "Perkenalkan Anak dengan Batik Yuk!"