Review Realme C17, HP Entry Level dengan Storage 256 GB

No comment 208 views

Anda sedang mencari smartphone entry level dengan kualitas premium? Ya, sudah banyak smartphone entry level dengan kualitas jempolan, salah satunya adalah Realme C17. Namun, sebelum membelinya, lebih baik membaca review Realme C17 terlebih dahulu agar lebih meyakinkan.

Review Realme C17

Spesifikasi Realme C17

Tabel Spesifikasi Realme C17
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
Kecepatan CPU 4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240
ROM 64GB/128GB/256GB
RAM 4GB/6GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 5000 mAh
Ukuran 6,5 inci
Resolusi Layar HD+ (720 x 1600 piksel)
Tipe Jaringan 2G (GSM 850/900/1800/1900)

3G (WCDMA 1/5/8)

4G (FDD-LTE/TDD-LTE)

Kamera Belakang 13MP + 8 MP + 2 MP + 2MP
Kamera Depan 8MP
Fitur dan Layanan Lain Wi-Fi, Hotspot/Tethering, Bluetooth, GPS, Flash, Fingerprint Scanner, Quad Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 146.1 x 75.5 x 8.9 mm
Berat 188 g
Harga Rp 2.799.000 (6GB/256GB)

 

Review Realme C17

1. Desain, Dimensi & Bodi

Realme C17 hadir di pasar Indonesia dengan dua varian warna, yaitu Lake Green dan Navy Blue. Bodi belakang Realme C17 memiliki efek seakan bisa memantulkan cahaya ketika digoyang-goyangkan, memberikan kesan menarik dan mewah sendiri.

Selanjutnya ada tulisan Realme, yang tetap dipasang secara horizontal, tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Ada juga fingerprint scanner, yang bisa memindai sidik jari dan membuka kunci smartphone dengan kecepatan yang lumayan.

Bagian kamera belakang Realme C17 didesain dalam posisi vertikal, sama dengan seri Realme 7. Secara keseluruhan, tidak ada yang menarik dari desain bodi belakang dari Realme C17. Justru banyak yang mengeluh soal bodi bagian belakang yang terasa licin di genggaman.

Beralih ke bagian depan, Realme C17 tidak menggunakan kamera depan model poni lagi, tapi meletakkannya di pojok kiri layar. Lalu di sisi kiri ada slot yang bisa diisi dengan dua SIM dan micro SD, sementara di bawah ada port USB Type-C, audio 3.5mm, dan mikrofon.

Meskipun bukan smartphone flagship, Realme C17 memiliki perlindungan yang membuat port charging dan speaker tahan terhadap cipratan air. Tentunya, smartphone akan lebih awet dan tahan lama dengan fitur tersebut.

Dari segi dimensi, Realme C17 memiliki bodi dengan dimensi 146.1 x 75.5 x 8.9 mm dengan bobot sekitar 188 gram. Dengan dimensi tersebut, smartphone ini akan terlihat tipis dan elegan. Bobotnya yang hanya 188 gram juga sangat ringan dan tidak akan membebani untuk aktivitas di dalam maupun luar ruangan.

2. Layar

Dengan harga Rp 2 jutaan, memang sulit mengharapkan Realme C17 memiliki layar dengan teknologi Super Amoled. Ya, smartphone ini masih menggunakan layar IPS LCD dengan resolusi HD+, tepatnya 720 x 1600 piksel.

Namun tenang, meskipun biasa saja, masih ada hal lain yang bisa diunggulkan dari smartphone ini. Ya, smartphone dengan layar 6.5 inci sudah memiliki refresh rate dengan kecepatan yang baik, yaitu 90 Hz. Jadi, Anda bisa mengoperasikan layar dengan respon yang mulus dan smooth.

Smartphone ini juga memiliki layar dengan rasio ke bodi yang tipis, yang mencapai 90%. Jadi, Realme C17 seakan memiliki lebar layar yang lebih luas. Layar yang luas akan terasa lega dan memuaskan untuk menonton video atau bermain game.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanan layar, karena sudah dilengkapi dengan sistem pelindung yang luar biasa. Ya, sudah ada Corning Gorilla Glass 3, yang siap melindungi layar smartphone dari berbagai benturan maupun goresan.

3. Performa

Salah satu hal yang paling dibanggakan dari Realme C17 adalah storage-nya yang sangat besar, mencapai 256GB. Jelas, ruang penyimpanan super lega ini memungkinkan pengguna bisa menyimpan apapun di smartphone dengan aman, mulai dari game, aplikasi, foto, video, dan lain sebagainya.

Sayangnya, meski royal dalam storage, Realme tidak membekali smartphone ini dengan chipset yang mumpuni. Padahal sudah banyak smartphone lain dengan range harga serupa yang memiliki chipset dengan spesifikasi yang jauh lebih baik.

Realme C17 memiliki otak yang biasa saja, yaitu Qualcomm Snapdragon 460, chipset Octa-core dengan kecepatan maksimal 1,8 GHz saja. Jika Anda berharap bisa memainkan game berat terkini dengan smartphone ini, maka Anda telah membeli smartphone yang salah.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memainkan game Android, tentunya dengan pengaturan grafis yang disesuaikan. Anda bisa memainkan Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Asphalt 9, meskipun grafisnya tidak memuaskan.

Agar performa gaming tidak jelek-jelek banget, Realme C17 juga memiliki fitur Game Space. Fitur ini diharapkan bisa mengoptimalkan performa smartphone, sekaligus membantu performa chipset yang biasa-biasa saja.

Ya, berdasarkan Review Realme C17 di atas, sepertinya smartphone ini memang didesain untuk menjalankan aktivitas harian yang ringan seperti browsing, streaming video, dan semacamnya. Dukungan RAM 6 GB juga memastikan aktivitas multitasking bisa dilakukan dengan lancar.

4. Antarmuka

Realme C17 menggunakan antarmuka Realme UI 1.0 yang berbasiskan Android 10. Antarmuka Realme UI 1.0 memberikan tampilan smartphone khas Realme yang menyenangkan dipandang mata, sedangkan OS Android terbaru menghadirkan fitur terbaru yang memudahkan pengguna.

Keamanan smartphone dan data-data di dalamnya yang lebih terjamin, hal ini berkat adanya pemindaian sidik jari yang sangat responsif. Selain itu, ada juga fitur Face Unlock, yang memungkinkan pengguna bisa membuka smartphone dengan wajah untuk keamanan yang lebih baik.

Jika tertarik dengan ponsel dari Realme ini, Anda bisa mencarinya di Bhinneka.com, toko online paling lengkap di Indonesia. Selain barang elektronik, Anda juga bisa belanja berbagai kebutuhan lain di sana, tentunya dengan harga yang ekonomis dan pas di kantong.

5. Kamera

Kamera utama Realme C17 berjumlah 4, dengan resolusi 13MP, 8MP (ultrawide), 2MP (monochrome), 2MP (retro). Dengan cahaya yang cukup, smartphone ini bisa menghasilkan foto yang baik dan minim noise.

Untuk mengatasi noise pada cahaya yang minim, Anda bisa menggunakan Mode Nightscape. Dengan fitur ini, Anda bisa hunting foto pada malam hari dengan hasil yang cukup memuaskan. Fitur ini juga bisa digunakan di indoor yang minim cahaya.

Untuk selfie, sudah disiapkan kamera depan resolusi 8MP, yang bisa diandalkan untuk selfie/wefie dengan hasil yang baik. Hasil fotonya cukup layak Anda bagikan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

6. Baterai

Review Realme C17 selanjutnya adalah baterai, yang mana juga menjadi sektor unggulan dengan yang berkapasitas 5000 mAh. Baterai ini mampu:

  • 34 hari standby
  • 18,6 jam streaming Youtube
  • 12,3 jam bermain game

Selain daya tahan yang luar biasa, ada juga fitur fast charging 18W, yang bisa mengisi daya dari 0 hingga penuh dengan cepat.

Apakah Anda ingin membeli Realme C17 atau barang lainnya dalam jumlah yang banyak? Jika iya, Anda bisa belanja di Bhinneka.com, yang menyediakan barang untuk bisnis murah dan lengkap. Dengan membeli barang dalam jumlah tertentu, Anda akan mendapatkan harga istimewa yang tentunya akan menguntungkan!

Leave a reply "Review Realme C17, HP Entry Level dengan Storage 256 GB"