Tips Investasi Reksadana Syariah Paling Tepat

No comment 2274 views

Memutuskan untuk mencoba investasi melalui program reksadana syariah merupakan salah satu hal yang tepat bagi anda. Mengandalkan prinsip syariah dalam berinvestasi memang sangat dianjurkan supaya investasi anda bisa menghasilkan sesuatu yang penuh berkah dan bermanfaat. Yang terpenting, berinvestasi melalui nilai-nilai syariah juga harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan supaya barang yang diinvestasikan, cara perolehan, pengelolaan dan penggunaannya bisa dipastikan halal.

Tips Investasi Reksadana Syariah Paling Tepat

Memanfaatkan program reksadana berbasis syariah memang sangat berguna untuk menghindari hal-hal yang dilarang oleh agama seperti tindakan-tindakan yang mengandung unsur riba, maysir dan juga gharar. Agar reksadana sistem syariah yang anda pilih merupakan program yang tepat, maka perhatikanlah tips di bawah ini dalam menentukan pilihan, yaitu:

  1. Kenali apa saja tujuan anda dalam berinvestasi.
  2. Perhitungkan kebutuhan investasi dengan baik.
  3. Sesuaikan produk yang akan dipilih berdasarkan kebutuhan dan rencana investasi.
  4. Lakukan monitoring secara rutin setelah memilih produk investasi untuk mengetahui perkembangan nilai investasi anda.

Selain reksadana syariah, ada beberapa lagi investasi dengan prinsip Syariah yang bisa Anda pilih. Diantaranya ada emas dan juga investasi syariah di pasar modal tanpa riba. Nah, pasar modal yang dimaksud di sini adalah pasar saham syariah. Dimana pada dasarnya hampir mirip dengan investasi saham konvensional, yakni sama-sama memberikan keuntungan. Hanya saja, dalam investasi ini sudah menganut unsur-unsur syariah, sehingga investor yang beragama muslim dapat lebih tenang menjalani investasi, tanpa khawatir akan riba.

Oia, meskipun Anda berada pada jalur syariah. Namun dalam berinvestasi Anda tidak boleh asal-asalan memilih saham syariah. Anda harus tetap merujuk pada dasar fundamental saham dan juga pastikan bahwa perusahaan yang akan Anda beli sahamnya memiliki kinerja yang baik di pasar saham syariah.  Jika Anda ingin berkonsultasi seputar investasi syariah, Anda bisa mengakses layanan dari situs daya.id dan bertanya langsung pada ahlinya.

Leave a reply "Tips Investasi Reksadana Syariah Paling Tepat"