Tips Memilih Sendal Gunung Terbaik

No comment 42 views

Memiliki hobi naik gunung merupakan hal yang menyenangkan. Namun, saat kita melakukan hobi tersebut, tentunya memerlukan perlengkapan yang tidak asal. Karena saat berpetualang di alam, tidak aka nada yang tahu akan menghadapi kejadian apa. Oleh karena itu, untuk menghindari segala macam resiko harus benar-benar memperhatikan segala perlengkapan salah satunya alas kaki. Saat naik gunung kita harus menggunakan sepatu gunung, atau apabila ingin praktis bisa juga dengan memakai sendal. Tetapi, sendal yang dipakai juga merupakan sendal khusus untuk naik gunung. Sebelum membeli sendal gunung, ada baiknya untuk mengetahui tips-tips memilih sendal gunung terbaik, supaya saat naik gunung, kaki terasa aman dan nyaman. Berikut adalah tipsnya;

sendal gunung

  1. Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran kaki

Saat memilih sendal gunung yang nyaman hal yang terpenting adalah harus sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki. Hindari membeli sendal yang terlalu pas, atau terlalu besar. Sendal yang kesempitan nggak memungkinkan kita untuk memakai kaus kaki. Resikonya, kaki menjadi tidak nyaman bahkan sampai jadi lecet karena terkena sendal yang sering bergeser. Sementara itu, apabila terlalu besar, kaki akan terus tergelincir dari dudukan sendal, terutama ketika menyusuri turunan curam.

  1. Terbuat dari bahan yang nyaman

Material bahan sendal yang bagus tentu akan membuat kenyamanan untuk kaki saat beraktivitas. Pilihlah bahan yang kuat sekaligus fleksibel karena medan yang akan dilalui tidak akan pernah bisa ditebak. Selain itu, bahan sendal gunung yang tepat juga akan membuat kaki nyaman memakainya walaupun harus berjalan cukup jauh.

  1. Perhatikan alas sendal

Apabila kamu memilih sendal dengan alas yang tipis itu bisa menjadi bencana! Mengapa demikian? Karena apabila dipakai terlalu sering, alasnya akan semakin rata, menipis dan terasa licin sehingga cukup membahayakan. Oleh karena itu, sangat disarankan memilih alas sendal gunung yang keras karena lebih pas untuk pijakan dibandingkan dengan alas yang tipis atau empuk karena cenderung licin. Selain itu, pilihlah sendal gunung dengan grip mengarah ke belakang supaya saat berjalan menanjak tidak terpeleset dan grip belakang menghadap ke depan karena ini cocok dipakai untuk medan yang menurun.

  1. Jahitan harus kuat

Walaupun terdengan sepele, memeriksa jahitan pada tiap sisi sendal gunung juga wajib dilakukan sebelum menentukan mana yang harus dibeli. Hal tersebut dikarenakan jahitan yang kuat tentunya dapat mendukungmu melakukan aktivitas outdoor. Dengan begitu kamu tidak akan merasa khawatir dan panik bila jahitan terlepas. Kalau jahitan terlepas ditempat ramai mungkin tidak khawatir, namun apabila terlepas di tengah hutan saat naik gunung tentunya akan repot sendiri, apalagi jika tidak membawa candangan sendal.

  1. Sesuaikan dengan budget

Membeli sendal gunung yang awet, fleksibel, nyaman tidak harus sampai jutaan. Sekarang ini sudah banyak brand-brand lokal yang menyediakan sendal gunung dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik. Tidak usah nekat membeli sendal gunung yang wah dan harganya selangit. Satu hal yang wajib dihindari, membeli sendal gunung bekas. Karena bentuk alasnya yang sudah mengikuti kaki pemilik pertama, belum tentu cocok dengan kakimu. Selain tidak nyaman dipakai, akan beresiko menganggu tulang juga. Jadi, jangan terlalu memaksakan untuk membeli sendal gunung branded yang sangat mahal, tetapi tidak ada budget. Lebih baik membeli sepatu yang sesuai dengan budget dan membuat kaki nyaman saat naik gunung.

Leave a reply "Tips Memilih Sendal Gunung Terbaik"