Tips Menabung Untuk Rencana Masa Depan

No comment 91 views

Setiap orang memiliki rencana masa depannya masing-masing. Cara memuwujudkannya pun juga berbeda-beda. Ada orang yang lebih memilih menginvestasikan uang/ aset yang dimiliki sehingga dapat memberikan penghasilan yang pasif. Dan tidak sedikit pula orang yang lebih memilih menabung untuk mewujudkan rencana masa depannya. Nah, jika menabung adalah pilihan Anda. Maka artikel ini bisa dipastikan memang sangat cocok untuk Anda baca.

Bank Tanpa Biaya Admin

Menabung di bank adalah cara yang paling aman untuk menyimpan uang atau aset berharga yang Anda miliki. Seperti yang sudah diketahui bahwa bank memiliki sistem keamanan yang sangat baik, dan diawasi oleh bank sentral. Dengan sistem keamanan yang terjamin, uang atau aset berharga Anda akan aman disimpan meski dalam rentang waktu yang lama. Nah, yang tak kalah menariknya, sekarang ini sudah tersedia bank tanpa biaya admin, loh! Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menaruh uang di bank. Sebab tabungan Anda tidak akan habis untuk membayar biaya admin yang biasa dikenakan setiap bulannya.

Oia, buat Anda yang berencana ingin menabung di bank, berikut ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar menabung Anda bisa lebih efektif;

1. Membuat rencana tabungan

Penting sekali membuat rencana sebelum Anda memulai untuk membuka tabungan di bank. Dengan rencana yang matang, keinginan Anda untuk menabung biasanya akan semakin kuat. Misalnya saja, dalam jangka waktu 5 tahun mendatang, Anda merencanakan ingin membeli sebuah mobil. Nah, mewujudkannya, Anda akan terus menabung sampai rencana Anda itu terwujud. Dan biasanya setelah Anda memiliki rencana yang matang, secara otomatis Anda juga akan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

2. Membuat rekening terpisah

Ada baiknya Anda memisahkan rekening gaji dengan rekening untuk tabungan. Rekening gaji hanya untuk menerima gaji dan melakukan penarikan untuk pengeluaran rutin tiap bulannya. Sedangkan rekening tabungan, hanya Anda khususkan untuk tabungan sesuai dengan rencana Anda menabung diawal. Nah, dengan memisahkan keduanya, maka dapat mencegah Anda untuk menggunakan uang tabungan untuk keperluan harian.

3. Sisihkan penghasilan secara rutin

Ketika Anda menerima gaji atau mendapatkan penghasilan di luar gaji, maka sebaiknya langsung Anda sisihkan sebagai tabungan. Besar nominal yang harus disisihkan sesuai dengan rencana masa depan Anda. Namun sebaiknya, sisihkan minimal 15-20 persen penghasilan Anda untuk di tabung. Dan lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya. Dengan begitu, maka Anda akan lebih dekat dengan rencana Anda membuka tabungan.

4. Gunakan sistem debet otomatis

Terkadang rasa malas muncul disaat jadwal menabung tiba. Hal ini termasuk wajar, karena rasa malas untuk datang ke bank, ataupun mengantri lama di CS. Untuk permasalahan yang seperti ini, Anda bisa mengatasi dengan melakukan sistem debet otomatis (auto debet).

Sistem seperti ini sebenarnya sudah bisa dilakukan di semua bank. Banyak saja terbatas untuk bank sejenis saja. Sistem seperti ini sangat dibutuhkan untuk Anda yang tidak mau repot-repot mengantri ke bank atau ATM. Dengan sistem auto debet, saat gaji Anda masuk ke rekening, maka secara otomatis sistem akan mendebet sebagian gaji Anda ke rekening tabungan. Untuk besarnya nominal yang di debet, itu tergantung kesepakatan awal Anda dengan pihak bank. Nah, untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan datangi bank tempat Anda membuka rekening dan buat permohonan untuk mengaktifkan sistem auto debet.

Leave a reply "Tips Menabung Untuk Rencana Masa Depan"