Tugas Yang Dimiliki Malaikat Munkar dan Nakir

No comment 129 views

Malaikat adalah makhluk yang diciptakan dengan kesucian. Malaikat Allah tak pernah lalai dalam menjalankan tugasnya serta senantiasa selalu tatat dan patuh terhadap perintah Allah SWT. Malaikat diberi julukan sebagai tentara-tentara Allah SWT.

Tugas malaikat Munkar dan Nakir

Terdapat sepuluh malaikat yang wajib dipercaya oleh umat Islam dan termasuk kedalam rukun Iman yang kedua. Para malaikat ini memiliki tugas yang berbeda-beda yang ditugaskan oleh Allah SWT. Dua diantara kesepuluh malaikat tersebut bertugas untuk menjaga kubur dan menanyai roh beberapa pertanyaan ketika berada di alam kubur.

Kedua malaikat tersebut adalah malaikat Munkar dan malaikat Nakir. Tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah memberikan ujian pertanyaan ke pada roh perihal keimanan yang dimilikinya semasa hidup di dunia. Berikut penjelasan mengenai malaikat Mungkar dan malaikat Nakir sang penjaga kubur.

Malaikat Mungkar dan malaikat Nakir di alam kubur akan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai beberapa hal. Kedua malaikat tersebut akan bertanya pada saat proses penguburan telah selesai dan orang terakhir yang meninggalkan kuburan telah melangkah sejauh 40 langkah dari kuburan. Pendapat lain mengatakan 70 langkah orang terakhir.

Malaikat Munkar dan malaikat Nakir akan menanyakan sebanyak tujuh pertanyaan yang hanya bisa dijawab jika seseorang tersebut beriman semasa hidupnya. Pertanyaan daintaranya adalah mengenai siapa tuhanmu?, Siapa Nabimu? Apa agamamu? Dan dilontarkan dalam bahasa Arab. Jika roh menjawab dengan Allah, Muhammad dan Islam maka tidak akan mendapatkan siksa kubur. Sebaliknya jika tidak bisa menjawab akan mendapatkan siksa hingga hari kebangkitan.

Secara lebih spesifik tugas malaikat Munkar dan Nakir berbeda karena malaikat Munkar bertugas menanyakan tentang dosa yang telah yang pernah dilakukan oleh manusia semasa hidupnya di dunia. Sedangkan malaikat Nakir akan menanyakan tentang amal baik yang telah dilakuakan manusia semasa hidup.

Dalam Sabdanya, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa setiap roh yang telah dikuburkan akan menemui dua malaikat yang memiliki warna hitam dan biru. Kedua malaikat tersebut adalah malaikat yang menjaga kuburan. Ialah Malaikat Mungkar dan Nakir yang dideskripsikan sosok malaikat berwarna hitam kebiruan dengan watak yang keras, kasar.

Kedua malaikat ini mempunyai suara menggelegar bagai petir. Kedua bola matanya seperti api yang menyala. Gigi yang dimiliki keduanya sangat runcing hampir seperti tombak. Rambutnya begitu panjang dan menjuntai di atas tanah.serta memiliki senjata pemukul untuk roh yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang mereka berikan. Saking besar dan beratnya palu tersebut meski seluruh manusia dan jin dikumpulkan jadi satu tetap tidak akan mampu untuk diangkat.

Itulah sosok malaikat menyeramkan yang bertugas sebagai penjaga kuburan.  Tugas malaikat Munkar dan Nakir tidak akan pernah diingkari oleh keduanya. Meyakini kedua malaikat ini termasuk menjalankan rukun iman yang kedua.

Leave a reply "Tugas Yang Dimiliki Malaikat Munkar dan Nakir"