Mengenal Apa itu Operasi LASIK dan Biayanya

No comment 69 views

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah LASIK mata. Yah, LASIK merupakan salah satu tindakan medis yang sangat diperlukan untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti rabun jauh (miopi), rabun dekat (hiperopia) ataupun astigmatisme. LASIK sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan yakni “Laser-Assisted in Situ Keratomileusis”. Dan sesuai dengan namanya, alat yang digunakan dalam tindakan ini berupa laser yang difungsikan sedemikian rupa untuk mengubah bentuk kornea mata. Sehingga dengan begitu cahaya yang masuk akan dapat difokuskan tepat pada retina. Nah, inilah mengapa LASIK menjadi salah satu alternatif terbaik dibandingkan menggunakan soft-lens, ataupun kacamata.

LASIK Mata

Prosedur operasi LASIK

Tindakan operasi LASIK dimulai dengan dokter mata melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terlebih dahulu. Pemeriksaan ini juga mencakup kondisi kesehatan mata, riwayat medis, hingga pengecekan terhadap ketebalan kornea mata. Jika kondisi pasien sudah dinyatakan baik, maka tindakan dilanjutkan dengan memberikan suntikan atau anestesi lokal dalam bentuk tetes mata. Anestesi ini bertujuan agar mengurangi rasa tidak nyaman selama prosedur LASIK berlangsung. Proses LASIK dimulai dengan mengangkat sementara Flap kornea dengan menggunakan laser excimer. Proses ini untuk menghapus jariangan kornea sehingga presisi. Setelahnya flap kornea akan dikembalikan ke posisi semua dan akan menyatu sendiri tanpa perlu melakukan penjahitan.

Operasi LASIK termasuk tindakan yang paling aman dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah mata, karena proses pemulihannya juga terbilang cepat. Berdasarkan pengalaman, rata-rata mereka yang sudah melakukan LASIK akan berangsur normal pada 24 s/d 48 jam setelah operasi selesai. Namun setelahnya, tetap diperlukan perawatan agar menjadi mata tetap dalam kondisi baik. Dan satu hal lagi, hindari menggosok mata dan selalu menjaga kebersihan area sekitar mata.

Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui resiko atau efek samping dari LASIK mata. Sebagian kecil dari pasien mungkin akan mengalami mata kering, penglihatan kabur dan gangguan visual lain. Biasanya ini efek samping bisa juga berasal dari kondisi fisik pasien itu sendiri, faktor usia dan sebagainya. Namun hal ini sangat jarang terjadi, karena sebelumnya sudah dilakukan pengecekan yang intensif dari dokter.

Berapa Biaya Operasi LASIK mata?

Oia, berbicara soal LASIK tentu biaya menjadi salah satu faktor yang juga harus dipertimbangkan oleh pasien. Besarnya biaya LASIK mata juga tergantung dari banyak hal, dan alat-alat canggih yang digunakan. Biasanya, rata-rata biaya LASIK berkisar Rp 15 juta – hingga Rp 35 juta. Namun biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk pemeriksaan awal, prosedur operasi, dan tindak lanjut pasca operasi. Nah, bagaimana? tertarik untuk melakukan operasi LASIK? Pastinya, harga tersebut sangat sebanding dengan apa yang akan Anda peroleh bukan! Anda akan lebih nyaman saat melihat dan segala aktifitas Anda akan lebih menyenangkan jika pandangan Anda jelas.

Leave a reply "Mengenal Apa itu Operasi LASIK dan Biayanya"