Tips Merawat Helm Full Face Agar Tidak Bau

No comment 23 views

Merawat Helm Full Face

Helm sudah menjadi kebutuhan bagi setiap pengendara sepeda motor. Tanpa penggunaan Helm tentu setiap pengendara tidak dapat berkendaraan secara aman dan nyaman di jalanraya. Selain sebagai pelindung kepala terharap benturan, penggunaan Helm juga sudah diatur dalam UU tentang Jalan Raya, sehingga penggunaan menjadi wajib jika tidak ingin berurusan dengan hukum. Penjualan helm juga sangat luas dan tidak terbatas pada toko-toko khusus yang menjual helm saja. Bahkan kini mulai marak tersedia di gerai-gerai yang jual aksesori mobil.

Dipasaran, banyak beredar berbagai model Helm. Mulai dari half face, full face, modular, off-road dan sebagainya. Berbagai model yang tersedia ini tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti helm untuk model half face. Helm ini memiliki pelindung tambahan dibagian rahang dan dagu, sehingga lebih aman saat Anda gunakan. Namun sayangnya harga helm untuk jenis ini masih terbilang mahal jika Anda membelinya di toko. Di sentra penjualan helm, harga jual helm full face masih berada di kisaran 350rb ke atas. Akan tetapi walaupun sedikit mahal, harga tersebut masih sebanding dengan keamanan yang akan Anda dapatkan.

Nah, bicara soal helm full face, tahukah Anda bagaimana cara merawat helm full face agar tidak bau? Agar lebih jelasnya, berikut tips merawat helm full face agar tidak bau dan awet.

  1. Simpan helm full face yang kondisi yang bersih dan aman. Lingkungan yang kotor dan bau biasanya dapat membuat helm ikut terpapar kotoran dan juga bau. Maka dari itu sebisanya, menempatkan helm pada tempat yang bersih. Namun jika sedang berada diparkiran. Sebaiknya menempatkan helm pada area stang dalam posisi tertelungkup agar helm tidak terpapar debu dan sebagainya.
  1. Pastikan bagian dalam helm full face selalu kering. Saat menggunakan helm, mungkin bagian helm akan menyerap keringat dari kepala ataupun uap saat Anda bernafas. Biasanya, jika itu tidak segera keringkan akan menyisakan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, sebaiknya sebelum menyimpan helm, pastikan jika bagian dalam helm sudah benar-benar kering, agar tidak menimbulkan bau.
  1. Cuci helm secara berkala minimal 2 bulan sekali. Untuk yang satu ini Anda bisa mencuci sendiri helm Anda dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Atau jika Anda ingin lebih cepat dalam mencuci, Anda juga bisa menggunakan jasa cuci helm yang biasanya dalam selesai dalam waktu 1 jam. Dengan begitu, helm full face Anda dapat terjaga kebersihannya dan terbebas dari bau.

Leave a reply "Tips Merawat Helm Full Face Agar Tidak Bau"